Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Air Ketuban Pas Pasan pada Ibu Hamil, Ini Diantaranya!

Terdapat sekitar 4% ibu hamil yang mengalami air ketuban sedikit menjelang hari hari persalinan, di mana kondisi ini sangat lah berbahaya. Pasalnya, air ketuban di butuhkan guna melindungi dan menyokong perkembangan janin yang terdapat di dalam kandungan, sehingga penyebab air ketuban pas pasan harus di ketahui. 

Volume air ketuban usia kehamilan 12 minggu, idealnya adalah sekitar 60 milliliter (mL) yang meningkat seiring dengan perkembangan janin hingga usia kehamilan mencapai 34 - 38 minggu. Setelahnya, jumlah air ketuban akan menurun. Hanya saja, tidak semua ibu hamil mempunyai volume air ketuban normal selama kehamilan. 

Dan ada beberapa ibu hamil memiliki jumlah air ketubannya terlalu sedikit. Kondisi ini biasa di sebut oligohidramnion yang paling sering terjadi di trimester akhir kehamilan. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan berkurangnya jumlah air ketuban ini terjadi di usia kehamilan lebih awal dengan penyebab air ketuban pas pasan yang akan di bahas di bawah ini. 


Berbagai Penyebab Air Ketuban Pas Pasan

Air ketuban pada ibu hamil mengandung nutrisi, hormon, serta sel pembentuk sistem kekebalan tubuh yang di hasilkan tubuh ibu. Hingga di usia kehamilan 20 minggu, kandungan air ketuban ini akan lebih di dominasi oleh urine janin. Adanya gangguan di sistem saluran kemih janin ini juga dapat memengaruhi volume dari air ketuban. Adapun beberapa faktornya adalah sebagai berikut. 

Sistem Kemih Janin Yang Tak Berkembang dengan Sempurna

Penyebab air ketuban pas pasan salah satunya adalah sistem kemih janin yang tidak berkembang sempurna. Apabila sistem kemih dan ginjalnya gagal berkembang, kondisi janin hanya akan menghasilkan sedikit urine yang harusnya di produksi air ketuban saat usia kehamilan masuk trimester kedua.

Penyebab Air Ketuban Pas Pasan Akibat Gangguan Plasenta

Penyebab lainnya adalah gangguan plasenta, seperti solusio plasenta yang bisa menyebabkan aliran darah maupun asupan nutrisi janin akan terhambat. Alhasil, produksi urine janin terganggu yang mengakibatkan jumlah air ketuban jadi sedikit.

Ketuban Pecah Dini

Robekan kecil di kantung ketuban ternyata juga bisa jadi penyebab air ketuban pas pasan karena cairan ketuban merembes keluar dari rahim. Apabila hal ini di biarkan, maka volume air ketuban akan berpotensi berkurang dan bisa saja habis sama sekali yang menyebabkan gangguan janin.

Komplikasi Kehamilan Kembar

Kehamilan kembar juga dapat jadi penyebab air ketuban sedikit, karena ibu hamil mengandung lebih dari satu janin dalam rahimnya. Seperti dalam kehamilan kembar identik, maka ibu hamil lebih berisiko mengalami komplikasi twin to twin transfusion syndrome (TTTS) yang  membuat janin kembar saling berbagi plasenta. Kondisi ini memungkinkan salah satu janin harus menerima lebih sedikit air ketuban.

Mengonsumsi Obat-obatan Tertentu

Penyebab air ketuban pas pasan lainnya adalah ibu hamil mengonsumsi golongan obat tertentu. Seperti halnya obat darah tinggi dengan golongan angiotensin converting enzyme inhibitor (ACE inhibitor) meliputi ramipril, captopril, dan lisinopril.

Bukan hanya faktor faktor di atas, tetapi berbagai penyakit tertentu yang di derita ibu hamil, juga bisa menjadi penyebabnya. Misalkan saja seperti kondisi ibu hamil dengan penyulit riwayat hipertensi, diabetes, hingga lupus, yang juga bisa meningkatkan risiko ibu hamil mengalami jumlah air ketuban yang lebih sedikit. 

Bila tidak segera di tangani, maka air ketuban sedikit  ini bisa menyebabkan berbagai komplikasi serius. Mulai dari kelahiran bayi prematur, risiko keguguran, bayi berat lahir rendah, hingga sindrom Potter. Ketahui berbagai  penyebab air ketuban pas pasan guna meminimalkan risiko terjadinya air ketuban sedikit.

Posting Komentar untuk "Penyebab Air Ketuban Pas Pasan pada Ibu Hamil, Ini Diantaranya!"

YouTube @PonselPro