Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makanan Penambah Darah Saat Sedang Haid

Saat sedang mengalami menstruasi, banyak wanita merasakan penurunan energi dan warna kulit yang pucat. Hal ini sering kali disebabkan oleh kondisi kurang darah atau anemia. Namun, dengan mengonsumsi makanan yang tepat, Bunda dapat membantu meningkatkan kadar darah dan menjaga kesehatan tubuh Bunda selama masa haid. 

Berikut adalah beberapa makanan yang dapat membantu menambah darah saat sedang haid:

1. Makanan Kaya Zat Besi dan Protein

  • Daging Merah: Kaya akan zat besi, daging merah adalah sumber yang baik untuk meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh.
  • Sayur Bayam: Mengandung zat besi dan asam folat, bayam merupakan tambahan yang baik untuk diet Bunda saat sedang haid.
  • Hati Ayam: Kaya akan zat besi dan vitamin B12, hati ayam adalah pilihan yang bagus untuk meningkatkan kadar darah Bunda.
  • Makanan Laut: Seperti kerang, ikan, dan udang, makanan laut juga mengandung zat besi dan asam amino yang penting untuk kesehatan darah.
  • Telur: Sumber protein yang kaya, telur juga mengandung zat besi dan vitamin D.

2. Makanan yang Mengandung Vitamin C

Vitamin C membantu dalam penyerapan zat besi oleh tubuh. Konsumsi makanan yang kaya akan vitamin C seperti jeruk, kiwi, nanas, dan lainnya dapat membantu memaksimalkan manfaat zat besi yang Bunda konsumsi.

3. Konsumsi Air Putih yang Cukup

Agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik, pastikan Bunda minum setidaknya 8 gelas air putih dalam sehari. Air putih membantu dalam proses pembentukan sel darah merah dan menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

4. Tidur yang Cukup

Tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan, termasuk kesehatan darah. Pastikan Bunda tidur selama 7-9 jam setiap malam agar tubuh Bunda memiliki waktu yang cukup untuk memulihkan diri dan melakukan proses regenerasi sel darah.

Tetapi perlu diingat, bahwa konsumsi makanan di atas jangan hanya pada saat haid, tapi juga sepanjang waktu, karena pembentukan sel darah merah itu perlu waktu tidak bisa jadi hanya dalam sehari dua hari. Mungkin beberapa minggu. 

Dengan langkah-langkah di atas, diharapkan Bunda tidak lagi menderita anemia atau kurang darah saat sedang haid.

Posting Komentar untuk "Makanan Penambah Darah Saat Sedang Haid"

YouTube @PonselPro