Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Boleh Tidak Ibu Menyusui Minum Kopi Susu?

Ada banyak perdebatan di kalangan masyarakat terkait boleh tidak ibu menyusui minum kopi susu. Padahal, beberapa penelitian menyebutkan bahwa ibu menyusui diperbolehkan minum kopi susu, asalkan tidak berlebihan.

Walaupun begitu, Anda perlu memahami lebih lanjut terkait keamanan minum kopi susu bagi ibu hamil, berikut penjelasan lengkapnya.

Pengaruh Kafein Bagi Ibu Menyusui dan Bayi

Ketika meminum kopi susu, kandungan kafein di dalamnya akan masuk melalui aliran darah. Untuk ibu menyusui, sebagian kecil dari kafein akan masuk ke dalam ASI. Sehingga, ketika bayi sedang menyusu, maka bayi pun akan ikut mengonsumsi kafein tersebut.


Tubuh bayi belum mampu memecah serta menyingkirkan kafein seperti orang dewasa. Hal ini dikarenakan ginjal dan hatinya belum berkembang dengan sempurna. Akibatnya, kafein akan menumpuk pada tubuh bayi tersebut.

Semakin kecil usia bayi, maka semakin lama waktu yang dibutuhkan supaya kafein keluar dari tubuh. Bahkan, bayi yang baru berusia di bawah 1 bulan akan membutuhkan waktu sekitar 4 hari.

Selain itu, kafein memiliki sifat stimulan yang dapat merangsang aktivitas. Sehingga, hal ini bisa membuat bayi menjadi terlihat rewel, gelisah dan sulit tidur setelah disusui.

Sebagian ibu menyusui mungkin ingin meminum kopi untuk bisa mengatasi perasaan lelah mereka. Sayangnya, mengonsumsi kopi susu tanpa ada batasan yang jelas akan membuat bayi semakin gelisah karena mendapatkan stimulasi berlebihan dari kafein. Tentu saja, kondisi ini pun semakin membuat ibu merasa lelah.

Tak hanya pada bayi, minum kopi susu terlalu banyak akan menimbulkan efek samping juga pada ibu menyusui tanpa disadari. Mulai dari jantung berdebar-debar, cemas, gelisah, nyeri ulu hati, sulit tidur, mual dan naiknya tekanan darah.

Apabila ibu menyusui memiliki gangguan peredaran darah, seperti penyakit Reynaud, sangat disarankan untuk tidak mengonsumsi kafein sama sekali. Sebab, kafein dapat memperparah penyempitan pembuluh darah yang dialami. Hal ini akan mengakibatkan aktivitas menyusui menjadi terasa menyakitkan.

Ibu Menyusui dapat Mengonsumsi Kafein dalam jumlah Aman

Adapun jumlah kafein yang masih aman untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui adalah tidak lebih dari 200 miligram per hari. Tetapi, harus Anda ingat, kandungan kafein tidak terdapat pada kopi susu saja. Melainkan, terdapat pula pada minuman cola, minuman berenergi, cokelat, hingga teh.

Berikut ini merupakan perkiraan jumlah kafein yang terkandung dalam minuman untuk dijadikan sebagai gambaran, yaitu:

  • Satu cangkir kopi instan memiliki 100 mg kafein
  • Satu cangkir kopi saring memiliki 140 mg kafein
  • Satu kaleng minuman cola (350 ml) memiliki sekitar 40 mg kafein
  • Cokelat 50 gram memiliki kandungan kurang lebih 50 mg kafein
  • Satu kaleng minuman berenergi memiliki kandungan sekitar 80 mg kafein
  • Satu cangkir teh mengandung 75 mg kafein.

Melalui gambaran di atas, diharapkan Anda bisa mengatur jumlah asupan kafein supaya tidak melebihi jumlah yang dianjurkan. Tak hanya kopi susu, Anda juga harus membatasi makanan yang diolah dengan kandungan kafein pula. Misalnya, es krim, puding kopi, cokelat batangan dan masih banyak lagi.

Itulah informasi mengenai boleh tidak ibu menyusui minum kopi susu yang bisa Anda ketahui. Walaupun diperbolehkan, tetapi jangan sampai mengonsumsinya secara berlebihan, ya. Sebab, sesuatu yang berlebihan sudah pasti tidak akan baik dan membahayakan kesehatan ibu menyusui beserta bayinya. Selain itu, pastikan ibu menyusui selalu membiasakan untuk menerapkan gaya dan pola makan sehat. Tentu saja, hal ini dilakukan demi kesehatan ibu menyusui dan bayi Anda.

Posting Komentar untuk "Boleh Tidak Ibu Menyusui Minum Kopi Susu?"

YouTube Ponsel Pro