Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bolehkah Ibu Menyusui Makan Mie Instan

Bolehkah ibu menyusui makan mie instan? Pertanyaan ini seringkali menjadi pikiran bagi banyak ibu menyusui. Apalagi, mie instan dapat diolah secara praktis tanpa membutuhkan banyak waktu.

Selain itu, mie instan memiliki rasa yang mengunggah selera, sehingga menjadi makanan favorit oleh banyak kalangan. Lantas, apakah ibu menyusui boleh mengonsumsi mi instan?


Untuk mengetahui jawabannya, Anda bisa simak ulasannya berikut ini.

Bolehkah Ibu Menyusui Makan Mie Instan?

Sebenarnya, tidak ada larangan bagi ibu menyusui untuk mengonsumsi mi instan. Namun, dikarenakan dalam mie instan terdapat kandungan monosodium glutamat alias MSG, maka ibu menyusui tidak boleh mengonsumsinya secara berlebihan.

Melansir dari Babycentre, sebaiknya mie instan tidak menjadi santapan tersendiri karena kekurangan protein, mineral, vitamin, sayur hingga serat.

Singkatnya, mi instan tidak mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh para ibu menyusui. Selain itu, rasa mie instan yang sangat asin memungkinkan bisa menyebabkan hipertensi apabila ibu menyusui mengonsumsinya setiap hari.

Ibu menyusui diwajibkan untuk mengonsumsi makanan sehat dan bergizi. Jadi, kalau ibu menyusui ingin makan mie instan, bisa ditambahkan dengan aneka sayuran hijau, telur rebus, ayam suwir dan lainnya.

Bahaya Ibu Menyusui Makan Mie Instan

Walaupun ibu menyusui boleh memakan mi instan, tetapi ada beberapa bahaya yang akan timbul jika dikonsumsi secara berlebihan dan terus menerus, yaitu:

●      Tidak Bernutrisi
Mie instan masuk ke dalam kelompok junk food karena memiliki kandungan karbohidrat serta lemak tinggi. Saat ibu menyusui mengonsumsi mie instan, maka tubuhnya akan rendah protein, vitamin, mineral hingga serat. Jadi, kalau ibu menyusui mengonsumsinya setiap hari, maka tidak ada kandungan nutrisi yang terserap.

●      Kandungan Natrium
Salah satu hal yang menjadi perhatian besar dalam mie instan adalah kandungan garam di dalamnya. Umumnya, sodium yang direkomendasikan bagi orang dewasa adalah kurang dari 2.300 mg per hari. Sementara kandungan sodium dalam mie instan jenis cup, biasanya memiliki sekitar 2.700 mg sodium.

●      Mengandung Aditif
Perlu Anda ketahui bahwa mie instan tergolong dalam makanan cepat saji yang memiliki kandungan bahan pengawet dan bersifat racun bagi bayi. Bahkan, aditif bisa menyebabkan kolik dan alergi pada tubuh si kecil. Sehingga, bayi Anda akan lebih sering rewel dan lainnya.

●      Risiko Sindrom Metabolik
Menurut The Washington Post pada 2016, mengungkapkan bahwa walaupun praktis, mie instan dapat meningkatkan risiko sindrom metabolik dikarenakan kandungan sodium tinggi dan minim gizi.

Selain itu, ibu menyusui yang makan mie instan dua kali atau lebih dalam seminggu, beresiko tinggi terkena sindrom metabolik, dibandingkan ibu menyusui yang makan mie instan sedikit atau tidak sama sekali.

●      Komplikasi Kesehatan
Ibu menyusui yang mengonsumsi mie instan secara berlebihan akan beresiko terkena obesitas, diabetes, penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan penyakit lainnya.

Tips Makan Mie Instan Bagi Ibu Menyusui

Jika ibu menyusui sudah tak tahan ingin memakan mie instan, maka ada tips terbaik untuk mengonsumsinya, yaitu:

●      Tambahkan setengah atau kurang dari setengah penyedap yang terdapat dalam bumbu mie instan untuk mengurangi asupan garam.

●      Tambahkan bahan lain, misalnya telur rebus, ayam, bakso ikan, udang, kepiting, sayuran berdaun hijau dan lainnya.

●      Jika memasak mie instan kuah, Anda bisa membuang air rebusannya, lalu tuangkan air panas sebagai air kuah baru.

Itulah informasi mengenai bolehkah ibu menyusui makan mie instan yang bisa Anda ketahui. Kini, sudah jelas, bahwa ibu menyusui diperbolehkan makan mie instan, namun jangan berlebihan dan terus menerus, ya.

Posting Komentar untuk "Bolehkah Ibu Menyusui Makan Mie Instan"

YouTube Ponsel Pro