Cara Menyusui Bayi Baru Lahir Sambil Tidur

Ada yang masih belum terlalu paham bagaimana cara menyusui bayi baru lahir sambil tidur? Faktanya, menyusui sambil tidur adalah alternatif ternyaman untuk para ibu. Posisi menyusui sambil berbaring atau tidur masih boleh dilakukan. Apalagi jika kebetulan ibu baru saja operasi caesar sehingga tidak mungkin duduk tegak.

Menyusui sambil tidur pun punya banyak manfaat. Namun tetap saja, para ibu harus berhati-hati saat mencoba posisi tersebut. Sebab, kadang justru dapat berakibat fatal pada bayi jika dilakukan kurang tetap. Misalnya seperti ASI yang masuk paru-paru.

Cara Menyusui Bayi Baru Lahir Sambil Tidur Paling Aman

Jika terpaksa harus menyusui sambil tidur, para ibu hanya perlu memastikan semua dilakukan secara aman. Jika terus berlatih, posisi menyusui tersebut ibu juga akan terbiasa dan makin nyaman. Silahkan ikuti panduan menyusui sambil tidur atau berbaring di bawah ini:

●      Pastikan di Tempat Tidur Tidak Terdapat Barang Mengganggu

Langkah pertama adalah Anda hanya perlu memastikan jika di atas tempat tidur tidak terdapat barang-barang yang sekiranya dapat mengganggu. Contohnya seperti selimut tebal, sprei yang membelit, dan lainnya. Pasalnya benda seperti itu cenderung bisa membahayakan bayi.

●      Letakkan Bayi Dalam Posisi Tepat

Berikutnya, silahkan letakkan bayi dalam posisi yang tepat. Dalam hal ini adalah posisi terlentang karena itu paling nyaman buat bayi. Setelah itu, Anda bisa langsung berbaring miring di samping tubuh di bayi. Pastikan Anda merasa nyaman untuk mencegah pergerakan ketika menyusui si kecil.

●      Tempatkan Bantal di Belakang Anda

Jangan lupa tempatkan bantal di belakang tubuh Anda. Bantal dapat dimanfaatkan sebagai tempat bersandar supaya tidak mudah lelah. Walaupun nanti bukan bersandar sepenuhnya, hanya sedikit saja.

●      Periksa Posisi Kaki Anda

Setelah memastikan bantal terpasang, Anda lihat posisi kaki Anda. Ada baiknya tempatkan kaki dalam kondisi lurus dan sejajar dengan pinggul. Ini adalah posisi kaki terbaik daripada harus meringkukkan tubuh di sekitar bayi.

●      Tempatkan Guling Atau Bantal Sekitar Lutut

Cara menyusui bayi baru lahir sambil tidur berikutnya adalah tempatkan guling atau bantal di sekitar lutut. Hal ini dilakukan untuk menetralkan tulang belakang si ibu. Selain itu, bertujuan untuk membuat posisi ibu lebih nyaman.

●      Letakkan Bayi Di Sisi Ibu

Berikutnya letakkan bayi di sisi tubuh si ibu. Sehingga nanti, posisi ibu dan bayi akan saling menghadap perut dengan perut. Hati-hati meletakkan bayi baru lahir, karena sudah pasti masih sangat rentan sekali.

●      Hadapkan Bayi Ke Payudara Bawah Dalam-dalam

Selanjutnya tinggal meletakkan bayi ke payudara bawah dalam-dalam. Posisi tangan atas si ibu ada di belakang tulang belikat bayi. Tarik tubuh bayi ke dalam payudara begitu mulut bayi terbuka. Beberapa ibu mungkin harus bersandar pada siku selama bayi menyusui, dan itu tidak masalah.

●      Gulung Selimut Atau Siapkan Guling Kecil

Tinggal gulung selimut atau jika bisa siapkan saja guling kecil. Letakkan di samping tulang belakang bayi. Hal ini akan membantu menopang tubuh bayi. Selain itu, bayi juga akan lebih mudah menempel pada payudara tanpa perlu bantuan tangan si ibu.

Sementara itu, tangan ibu bisa melakukan kompresi payudara. Dengan begitu, dapat mempercepat proses menyusui karena aliran ASI jauh lebih meningkat.

●      Beralih Posisi Jika Diperlukan

Ibu mungkin perlu beralih posisi selama menyusui. Namun, jika tidak nyaman si ibu bisa mencoba untuk membungkuk ke arah bayi dan menawarkan payudara atas. Jadi Anda sebagai ibu tidak perlu harus berganti posisi menyusui.

Demikian tadi cara menyusui bayi baru lahir sambil tidur dengan aman. Posisi menyusui sambil berbaring atau tidur dapat menjadi alternatif para ibu khususnya pada kondisi tertentu seperti habis operasi caesar. Boleh mencoba posisi menyusui seperti itu tapi pastikan melakukannya dengan tepat.


Baca Juga

Yuk pasang ...
"Kalender Indonesia Lengkap"

Yuk jadilah yang PERTAMA berkomentar

Posting Komentar

Artikel Lainnya