Pengertian Siklus Menstruasi Normal Pada Wanita

Pendidikan tentang reproduksi seharusnya sangat penting diketahui sejak dini. Salah satunya adalah terkait siklus menstruasi pada wanita. Bagi remaja putri, hal ini harus sudah dipahami. Mau tahu informasi selengkapnya? Simak pembahasan lebih lanjut pada pembahasan berikut ini.

Pengertian Siklus Menstruasi

Siklus menstruasi sendiri merupakan periode bulanan yang biasanya dialami oleh setiap wanita saat sudah memasuki masa kematangan reproduksi. Sementara menstruasi adalah proses keluarnya darah dari organ wanita yaitu vagina. Pada umumnya, siklus ini menjadi bukti jika organ wanita bersiap terjadi kehamilan.


Persiapan yang ditunjukkan adalah berupa penebalan dinding rahim yang berisi pembuluh darah. Apabila ternyata justru tidak terjadi kehamilan, dinding rahim tadi mengalami peluruhan. Saat menstruasi terjadi, luruhan dinding rahim tadi akan keluar bersamaan dengan darah dari vagina.

Mengetahui siklusnya menstruasi, sebetulnya sangat penting terutama ketika ingin merencanakan kehamilan. Namun, selain fungsi tersebut, masih ada manfaat lain. Seperti diantaranya adalah bagi para pubertas. Para wanita yang sudah memasuki usia pubertas, perlu mengetahui siklus dari menstruasinya untuk menentukan apakah normal atau tidak.

Meskipun faktanya, menstruasi yang tidak teratur cukup jarang membuat masalah serius. Tidak ada salahnya mengetahui siklusnya, untuk berjaga-jaga kalau ada yang tidak beres dengan kesehatan.

Siklus Menstruasi Normal Berapa Lama?

Siklus menstruasi normal adalah pada umumnya berjalan sekitar 4 minggu. Mulai dari hari pertama hingga hari pertama lagi pada periode berikutnya. Hormon dianggap berpengaruh penting dalam siklus datang bulan atau menstruasi.

Ada beberapa hormon yang ikut serta dalam mempengaruhi periode menstruasi. Seperti diantranya adalah hormon GnRH, FSH, LH, esterogen, hingga progersteron. Namun siklus satu wanita dengan yang lain biasanya tidak sama. Rata-rata menstruasi akan terjadi setiap 21 hingga 35 hari, dan akan berlangsung mulai dari 2 sampai 7 hari.

Untuk tahun-tahun pertama menstruasi, siklusnya mungkin rerlatif cukup panjang. Namun, seiring berjalannya waktu, umumnya siklusnya makin memendek dan cenderung lebih teratur sejalan dengan bertambahnya usia.

Tanda jika menstruasi Anda punya siklus teratur adalah datang dengan jumlah durasi yang sama tiap bulannya. Apabila ketika menstruasi datang Anda merasa nyeri dari yang ringan hingga cukup berat pun masih dianggap normal. Selama siklusnya masih 21 hingga 35 hari bisa ditarik kesimpulan masih normal. Kecuali jika Anda sudah masuk usia menopause, biasanya akan sulit teratur lagi.

Tanda-tanda Siklus Menstruasi Tidak Normal

Lalu kapan Anda sebaiknya curiga jika mengalami siklus menstruasi tidak normal? Ada tanda-tanda yang bisa Anda jadikan pedoman. Seperti diantaranya adalah siklusnya terjadi kurang dari 21 hari. Bisa juga lebih dari 35 hari. Selain itu, Anda yang terkadang sampai melewatkan 3 atau lebih siklus berturut-turut pun harus mulai waspada.

Masih ada lagi tanda lain yang menunjukkan gejala tidak normalan, seperti aliran darah menstruasi yang dirasa jauh lebih deras atau justru terlalu sedikit dari biasanya. Periode menstruasi yang lebih dari tujuh hari pun perlu Anda waspadai. Gejala lain seperti kram, mual, muntah saat menstruasi pun mampu menjelaskan sesuatu ketidaknormalan sedang terjadi.

Anda juga harus lebih memperhatikan jika sampai terjadi pendarahan atau bercak yang terjadi, padahal di luar siklus. Kondisi pendarahan tersebut bisa saja karena menopause atau setelah selesai berhubungan intim.

Itu dia tadi informasi singkat tentang Pengertian Siklus Menstruasi Normal. Adapun penjelasan tentang kondisi siklus normal dan tidak normal itu seperti apa. Semoga informasi ini bisa jadi bahan referensi terbaik bagi Anda yang membutuhkan.

Baca Juga

Yuk pasang ...
"Kalender Indonesia Lengkap"

Yuk jadilah yang PERTAMA berkomentar

Posting Komentar

Artikel Lainnya