Haid Normal, Berapa Hari?

Setiap wanita mempunyai pola haid yang berbeda. Ada yang lama haidnya agak panjang, mungkin seminggu, ada juga yang pendek, hanya sekitar 4 hari. Perbedaan ini dipengaruhi oleh kondisi tubuh masing-masing. Bahkan untuk ukuran individu sendiri, lama haid bisa beragam tiap bulannya.

Pertanyaannya, apakah seminggu atau sebaliknya, 4 hari itu normal?

Di dunia medis, lama haid atau menstruasi dikatakan normal jika berlangsung antara 3-7 hari. Jadi haid seminggu atau 4 hari termasuk kategori normal. Jika haid lebih pendek atau lebih panjang dari nilai normal, mungkin ada terjadi sesuatu di tubuh ibu. Sesuatu itu dapat berupa kondisi psikologis yang kurang baik alias lagi stres, berat badan berlebih, pola makan yang tidak sehat, kurang olah raga, atau penggunaan KB hormanal (pil, suntik, implan), atau lagi memasuki masa premenopause.

Kadang-kadang lama haid yang tidak normal juga disebabkan oleh penyakit serius seperti penyakit tiroid, endometriosis, atau radang panggul. Tetapi biasanya, penyakit tersebut mempunyai gejala lain, tak hanya gangguan pola haid.

Jika haid berlangsung lebih dari 10 hari dan terjadi berbulan-bulan atau curiga gangguan pola haid Anda disebabkan oleh sesuatu yang tak biasa, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.

Gambar: www.timesnownews.com

Tidak ada komentar: