Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana dokter menghitung usia kehamilan, ini jawabannya!

Aduh, mau cerita soal bagaimana dokter menghitung usia kehamilan nih, tapi jangan bosen ya dengerin. Penting banget loh buat para calon ibu tahu usia kehamilan mereka. Jadi, biar bisa tau kapan si jabang bayi bakal keluar, dan juga buat ngatur jadwal pemeriksaan kehamilan serta pantengin perkembangan si jabang bayi di perut.

Nah, ada dua cara yang sering dipakai sama dokter buat menghitung usia kehamilan. Pertama, yang paling umum dan gampang dimengerti, yaitu dengan menghitung dari hari pertama haid terakhir (HPHT). Jadi, gini nih, dokter bakal hitung usia kehamilan mulai dari tanggal pertama kamu dapet haid terakhir. Kehamilan normalnya itu berlangsung selama 40 minggu, atau 280 hari.


Alternatif kedua buat menghitung usia kehamilan adalah dengan hasil USG. Jadi, kalo kamu ngelakuin USG di trimester pertama kehamilan, dokter bakal bisa nentuin usia kehamilan dengan lebih akurat. Dengan bantuan USG, dokter bisa ukur panjang kepala, lengan, kaki, dan lingkar perut si jabang bayi.

Kalo hasil USG menunjukkan usia kehamilan lebih tua atau muda daripada yang dihitung dari HPHT, ya dokter bakal pake hasil USG itu buat tentuin usia kehamilan yang sebenarnya.

Nah, penting banget nih punya usia kehamilan yang tepat biar kamu bisa dapet perawatan yang sesuai sama kondisi kamu dan si jabang bayi. Jadi, jangan ragu-ragu buat nanya-nanya ke dokter kalo ada yang kurang jelas ya.

Oke, berikut beberapa tips supaya kamu bisa menghitung usia kehamilan dengan lebih akurat:
  • Catet baik-baik tanggal pertama haid terakhir kamu, ya. Jangan sampe lupa, biar gampang kalo ditanya dokter.
  • Kalo kamu nggak yakin dengan tanggalnya, ya langsung aja tanya ke dokter. Dia pasti bisa bantu kamu.
  • Nah, kalo bisa, lakuin USG di trimester pertama kehamilan. Biar dokter bisa nentuin usia kehamilan dengan lebih tepat.
  • Kalo masih ada pertanyaan tentang usia kehamilan, jangan malu-malu buat nanya ke dokter. Mereka siap bantu kamu kok!
Jadi, dengan menghitung usia kehamilan yang akurat, kamu bisa memastikan bahwa kamu dan si jabang bayi bakal dapet perawatan yang paling pas selama kehamilan dan persalinan. Selamat menantikan kelahiran si buah hati ya! Semoga semuanya berjalan lancar dan bahagia selalu!

4 komentar untuk "Bagaimana dokter menghitung usia kehamilan, ini jawabannya!"

  1. Oh iya dok gimn carax cepat hamil

    BalasHapus
  2. Hallo dokter. Dokter. Sy terakhir haid tgl 21 bulan September. Tp ini sy belum datang bulan lg dokter

    BalasHapus
  3. Oh Iyah dok, hpht sy kemarin tanggal 11 Desember 2023 tp sampe skrg tanggal 18 Januari sy belum jg dpt haid, tp aku tespek masih 1 garis, kira2 masih ad kesempatan menuju garis dia nggak dokšŸ™mohon penjelasanx

    BalasHapus

YouTube @PonselPro