Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Siklus Menstruasi Normal Berapa Hari, Ini Jawabannya!

Menstruasi itu sebenernya proses alamiah buat cewek-cewek. Jadi, dinding rahim itu luruh dan keluar darah selama 3-7 hari. Biasanya, setiap siklus menstruasi terjadi tiap 28-35 hari dan bisa terulang sekitar 11-13 kali dalam setahun. Tapi, tiap cewek bisa aja punya siklus menstruasi yang beda-beda, ada yang cepet, ada yang lama.

Kalo siklusnya kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari, atau kalo lamanya menstruasi berubah-ubah tiap bulan, itu disebut menstruasi yang nggak lancar. Nggak cuma itu, volume darah yang keluar juga bisa beda-beda, kadang banyak banget, kadang cuma sedikit. Semua itu bisa bikin menstruasi jadi nggak teratur.


Biasanya, sih, menstruasi nggak lancar itu suka terjadi di tahun-tahun awal kita mulai menstruasi atau masa pubertas. Itu gara-gara hormon belum seimbang. Tapi, ada juga kasus lain, kalo kita nggak lagi di masa pubertas atau mendekati menopause, bisa jadi ada masalah medis lain yang bikin menstruasi jadi nggak lancar.

Penyebabnya bisa macem-macem, contohnya kalo kita hamil, pake alat kontrasepsi kayak IUD atau pil KB, atau juga gara-gara pola hidup kita yang nggak sehat. Olahraga berlebihan, berat badan yang naik turun drastis, atau stres juga bisa bikin menstruasi jadi kacau. Ada juga yang disebabkan oleh masalah kesehatan, kayak sindrom ovarium polikistik atau gangguan pada kelenjar tiroid.
  1. Nah, untuk ngatasi menstruasi yang nggak lancar, tergantung penyebabnya. Ada beberapa cara yang bisa kita coba:Ubah gaya hidup kita yang lebih sehat.
  2. Ganti alat kontrasepsi kalo emang ngefek buruk sama siklus menstruasi.
  3. Kalo ada masalah tiroid, lakukan pengobatan yang sesuai.
  4. Kalo masalahnya sindrom ovarium polikistik, bisa diobati dengan pengobatan khusus atau dengan menjaga berat badan kita dalam batas normal.
  5. Kalo stres jadi penyebabnya, coba cari cara untuk mengurangi stres atau bisa konseling juga.
Ingat, sebenernya menstruasi yang nggak lancar itu biasanya nggak perlu pengobatan medis khusus. Tapi kalo kita merasa ada yang aneh, kayak pendarahan yang nggak wajar atau flek setelah berhubungan intim, lebih baik langsung konsultasi sama dokter buat pemeriksaan lebih lanjut. Jangan ragu buat ngobrolin masalah ini, ya! Semoga bermanfaat dan semoga siklus menstruasi kita jadi lebih lancar dan teratur!

Posting Komentar untuk "Siklus Menstruasi Normal Berapa Hari, Ini Jawabannya!"

YouTube @PonselPro