Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pantangan Setelah Suntik KB, Apa Saja?

Bagi para ibu yang baru melahirkan, dan belum berniat untuk hamil lagi dalam waktu dekat pasti memutuskan menggunakan KB. Salah satu KB yang paling populer adalah KB suntik. Untuk Anda yang mau atau sudah mencobanya, bisa jadi bertanya-tanya tentang pantangan setelah suntik KB itu apa saja.

Contohnya seperti apakah langsung bisa berhubungan seks begitu selesai suntik KB? Jika itu yang selama ini membuat penasaran, jangan khawatir di bawah ini akan dijelaskan secara lebih terperinci.

Sekilas Tentang KB dan Pantangan Setelahnya

Usaha mencegah kehamilan atau KB dengan suntik memang cukup banyak dipilih. Ada 2 opsi yaitu KB suntik 1 bulan dan 3 bulan. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Misalnya seperti suntik KB 3 bulan, yang biasanya disuntikkan pada bokong, lengan atas, atau lapisan kulit di area perut dan paha atas.


Khusus untuk suntikan KB 3 bulan akan mencegah kehamilan dengan cara melepaskan hormon progestin ke dalam pembuluh darah. Progestin sendiri merupakan hormon yang diproduksi oleh ovarium. Selain itu, progestin juga dapat mencegah kehamilan dengan cara:
  • Menghentikan pelepasan sel telur ke dalam rahim, sehingga pembuahan dapat dihambat.
  • Mencegah sperma untuk mencapai sel telur dengan jalan menebalkan cairan vagina.
  • Dapat mencegah terjadinya pertumbuhan janin dengan menipiskan dinding rahim.
Berikutnya soal pantangan setelah suntik KB. Anda mungkin begitu penasaran dengan hal tersebut. Dilansir dari Alodokter.com sebenarnya tidak ada pantangan pasca suntik KB. Akan tetapi, ada beberapa kalangan wanita yang tidak diperbolehkan memakai KB suntik, yaitu jika:
  • Merasa dirinya sedang hamil
  • Seringkali merasa migrain, sedang mengalami gangguan hati, memiliki riwayat penyakit jantung, diabetes, kanker payudara, dan lain sebagainya.
Jadi sudah jelas bukan, jika sebetulnya tidak ada pantangan setelah suntik KB bagi wanita. Namun, pastikan kondisi tubuh tidak sedang menderita suatu penyakit serius sebelum memutuskan untuk suntik KB.

Apakah Boleh Berhubungan Seks Setelah Suntik KB

Bicara tentang pantangan setelah suntik KB, pasti tidak akan bisa dipisahkan tentang bolehkan berhubungan seks pasca melakukannya? Jika memang boleh, kapan waktu yang tepat? Sebab, ibu-ibu yang memutuskan untuk suntik KB rata-rata ingin mencoba berhubungan seks namun takut “kebobolan” atau hamil.

Aturan Melakukan Hubungan Seks Setelah Suntik KB

Hubungan seksual setelah suntik KB sebaiknya dilakukan setelah 7 hari dihitung dari tanggal penyuntikan pertama kali. 

Berhubungan seks memang bukan pantangan setelah suntik KB. Asal tahu aturan atau waktu yang tepat. Sehingga resiko kehamilan dapat diminimalisir. KB suntik sendiri mengandung hormon buatan yaitu progestin. Hormon ini mirip dengan progesterone yang diproduksi secara alami dari indung telur.

Pada umumnya, hormon ini disuntikkan pada bagian pantat, perut, dan depan paha. Rata-rata disuntikkan ke bagian tubuh berbeda-beda tergantung mereknya. Misalnya seperti merk Depo-Provera yang umumnya disuntikkan pada pantat atau lengan atas. Sementara untuk merek Sayanan Press biasanya disuntikkan pada perut atau paha pasien.

Cara Kerja KB suntik adalah menghentikan indung telur untuk melepaskan telur (ovulasi) setiap bulannya. Inilah mengapa seseorang yang melakukan KB suntik akan mengalami ketidakteraturan menstruasi.

Hormon progesteron juga dapat menebalkan lendir pada leher rahim. Dengan begitu bisa menyulitkan sperma untuk masuk dan mencapai sel telur. Lalu kapan waktu yang tepat untuk suntik KB?

Anda bisa mulai suntik KB kapan saja selama dalam masa menstruasi dan tak dalam kondisi hamil. Butuh waktu bagi tubuh untuk bisa menyerap hormon dari KB tersebut. Jadi, ada baiknya Anda tidak langsung berhubungan seks setelah suntik KB. Saat Anda memaksakan diri, akibatnya alat kontrasepsi ini tidak akan bisa mencegah pembuahan terjadi.

Mudahnya begini, apabila Anda suntik KB di masa menstruasi, maka alat kontrasepsi akan bekerja dalam waktu 5 hari. Namun, jika suntik KB di luar masa menstruasi, KB akan mulai bekerja dalam tempo 7 hari. Boleh berhubungan seks, namun pastikan Anda menggunakan kondom untuk mencegah terjadinya pembuahan.

Kapan Mulai Bisa Berhubungan Seks Setelah Suntik KB?

Berhubungan seks bukan merupakan pantangan setelah suntik KB. Asal Anda tahu kapan waktu yang tepat untuk memulainya. Apabila Anda sudah melewati minggu pertama setelah suntik KB, artinya sudah bisa melakukan hubungan seks tanpa perlu menggunakan kondom atau alat kontrasepsi lain.

Pasalnya, KB sudah cukup bekerja secara efektif dan bisa menurunkan peluang kehamilan. Walaupun begitu, penggunaan KB sama sekali tidak dapat melindungi Anda dari resiko penyakit kelamin menular.

Beberapa orang yang mau mencoba suntik KB penasaran tentang efek sampingnya. Jadi efek samping KB suntik yang paling umum adalah siklus menstruasi yang cenderung berubah. Anda bisa jadi mengalami pendarahan tidak teratur atau hanya muncul bercak-bercak saja.

Sebagian besar ada yang mengaku berhenti menstruasi sama sekali setelah suntik KB. Namun langsung kembali ke masa menstruasinya yang awal setelah menggunakan suntikan. Ini yang paling umum, ada efek samping lain yang cukup jarang terjadi.

Diantaranya seperti sakit kepala, pusing, rambut rontok, hingga perubahan nafsu makan. Dilansir dari WebMD, menggunakan KB suntik jangka panjang bisa menurunkan kepadatan mineral dalam tulang. Dengan begitu akan meningkatkan resiko osteoporosis.

Apa Efek Yang Ditimbulkan Saat Berhubungan Seks Setelah Suntik KB?

Walaupun bukan merupakan pantangan setelah suntik KB, berhubungan seks tetap tidak boleh sembarangan. Contohnya saat Anda langsung berhubungan seks walaupun masih beberapa hari suntik KB. Ini bisa membawa efek pada diri Anda sendiri.

Salahnya satunya adalah adanya peluang kehamilan. Hal ini terjadi karena hormon dalam suntikan KB belum bekerja secara maksimal dalam melakukan pencegahan kehamilan. Waktu yang tepat adalah 7 hari setelah suntikan KB diberikan. Jika memang ingin melakukannya ada baiknya pakai alat kontrasepsi lain yaitu kondom karena sangat disarankan.

Bagaimana Jika Terlanjur Melakukan Hubungan Seks Pasca Suntik KB?

Saat menyadari masih belum 7 hari pasca suntik KB tapi sudah melakukan hubungan seks, apa yang dapat dilakukan? Apabila memang belum siap hamil, Anda bisa oba menggunakan kontrasepsi emergensi. Merupakan kontrasepsi yang dilakukan untuk mencegah kehamilan setelah melakukan hubungan seks yang tak terlindungi.

Kontrasepsi jenis ini dilakukan oleh karena berhubungan seks sebelum masa efektif injeksi KB bekerja. Selain itu, kontrasepsi emergensi ini juga dapat diterapkan pada mereka yang merasa kontrasepsi yang dipakai tak bekerja maksimal. Contohnya seperti kondom robek, atau bagi yang mendapatkan kekerasan seksual.

Lalu, apakah ada pilihan kontrasepsi emergensi? Ada 2 yang bisa dipakai sebagai opsi. Pertama minum pil KB pagi hari dan diberikan dalam 3 hari setelah hubungan seks. Kedua IUD yang harus dipasang 5 hari setelah berhubungan. Untuk efektivitas pil KB untuk mencegah kehamilan sekitar 75%-89%. Sementara IUD hampir mendekati 100%.

Itu dia tadi informasi tentang pantangan setelah suntik KB. Berhubungan seks bukan pantangan pasca KB suntik. Asal tahu kapan bisa memulainya untuk mencegah kehamilan. 

 

Posting Komentar untuk "Pantangan Setelah Suntik KB, Apa Saja?"

YouTube Ponsel Pro