HPL Normal Berapa Minggu?

Pertanyaan tentang sebenarnya HPL normal berapa minggu, sepertinya paling sering muncul. Khususnya bagi Anda para ibu muda yang sebelumnya belum pernah mengalami proses persalinan. Penjelasan selengkapnya bisa Anda dapatkan dari pembahasan di bawah ini:

HPL Normal Berapa Minggu?

Pada wanita hamil, rata-rata kelahiran dimulai antara usia kehamilan minggu ke 39 dan minggu ke 40/41. Artinya jika ada yang bertanya HPL normal berapa minggu? Tentu antara 39 hingga 41 dan kebanyakan semua wanita hamil mengalaminya.

Namun, para ibu ada baiknya sudah mulai melakukan langkah persiapan sejak jauh-jauh hari. Bahkan sejak usia janin memasuki 37 minggu. Pasalnya, kondisi kelahiran bayi oleh setiap orang hamil itu berbeda-beda.

Adanya fakta tersebut juga mengharuskan Anda para wanita hamil untuk rutin berkonsultasi dengan ahlinya. Sehingga jika ditemukan ada kondisi tertentu dapat langsung dilakukan tindakan yang tepat seperti persalinan. Walaupun begitu, Anda tidak perlu takut karena usia kehamilan 37 sebenarnya sudah aman untuk bayi dilahirkan.

Gerakan Janin Usia 37 Minggu

HPL normal berapa minggu? Kalau masih 37 minggu disebut normal atau tidak? Sudah sedikit dibahas tadi, usia kehamilan 37 minggu, bayi sudah cukup aman untuk dilahirkan. Pasalnya, usia 36 minggu saja janin sudah memiliki ukuran dan kematangan sehingga siap dilahirkan.

Pada usia tersebut organ tubuhnya sudah terbentuk dengan sempurna. Mulai dari ginjal, paru-paru, hingga hati yang pada usia 36 minggu sudah bisa menghasilkan kotoran. Dengan tanda kesiapan organ tersebut, para ibu sudah memasuki masa persiapan persalinan.

Pada masa tersebut juga bayi akan terus mengalami gerakan untuk melatih pernapasan paru-paru. Janin usia 37 minggu pada umumnya sudah mampu mengubah posisi dan menyesuaikan persalinan yang akan dihadapi.

Gerakan yang dimaksud mulai dari badan yang mulai turun ke panggul, hingga kepala yang menghadap ke jalan lahir. Tanda lain pada usia janin ini adalah kerontokan bulu halus (pelindung bayi di rahim). Bayi akan menelannya dan berpengaruh pada buang air besar pertamanya nanti yang berwarna hitam.

Gerakan Janin 38 Minggu Hingga Siap Lahir

HPL normal berapa minggu? Normalnya memang 38-41 minggu. Dalam masa ini para ibu akan semakin sering mengalami kontraksi. Selain itu, gerakan bayi akan terus mengalami perkembangan. Salah satu kondisi bayi pada usia 38 minggu adalah penambahan simpanan lemak untuk membantu suhu badan bayi tetap terjaga setelah persalinan nanti.

Lalu masuk usia 39 minggu, biasanya bayi sudah menghadap ke jalan lahir. Pada usia kehamilan ini juga terjadi perubahan cairan ketuban yang awalnya jernih menjadi seperti susu.

Masuk usia kehamilan 40 minggu terjadi kondisi Rahim makin sempit. Pada minggu-minggu terakhir ini, bayi dalam kandungan akan menghasilkan hormone kortison dari kelenjar adrenal. Hormon ini akan membantu penyempurnaan organ paru-paru. Selain itu juga berfungsi untuk persiapan penerimaan udara setelah bayi lahir.

Jika bayi para ibu berjenis kelamin laki-laki, pada masa ini testis akan mulai turun. Sementara bayi perempuan biasanya ovarium atau indung telur masing berada di pinggir panggul. Hingga nanti setelah dilahirkan.

Jadi sudah jelas bukan HPL normal berapa minggu? Normalnya antara usia kehamilan 39 hingga 41 minggu. Meskipun begitu, buat para ibu dianjurkan untuk mulai melakukan persiapan persalinan sejak usia kandungan 37 minggu. Sebab pada masa itu akan mulai banyak tanda-tanda yang muncul. Paling tidak kurangi aktivitas dan perbanyak istirahat pada masa-masa tersebut.

Baca Juga

Yuk pasang ...
"Kalender Indonesia Lengkap"

Yuk jadilah yang PERTAMA berkomentar

Posting Komentar

Artikel Lainnya