Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri-ciri Janin Sehat Pada Trimester Pertama

Pada ibu hamil, penting untuk memperhatikan ciri-ciri janin sehat pada trimester pertama. Mengapa demikian? Selama 13 minggu awal, bayi berubah dari yang masih berupa sel telur dibuahi hingga menjadi janin terbentuk sempurna.

Telur yang dibuahi akan berubah menjadi sel yang membelah dengan cepat dalam kantong Rahim. Setelah itu, plasenta, tali pusar, serta kantung ketuban juga akan mulai tumbuh. Jantung pun sudah mulai berdetak hingga semua organ akhirnya terbentuk.


Khususnya pada akhir trimester pertama, umumnya janin akan mulai terlihat seperti bayi. Nantinya semua organ dan sistem utama akan terbentuk pada masa tersebut. Oleh sebab itu, trimester pertama disebut sebagai masa krusial pada pertumbuhan janin. Apa saja ciri-ciri Janin sehat pada trimester pertama? Ini dia penjelasan selengkapnya:

Mual di Pagi Hari

Kondisi ini sebetulnya sangat umum terjadi pada ibu hamil. Bahkan dialami oleh 85% ibu hamil kebanyakan. Mungkin beberapa ibu hamil mengalami mual ringan. Namun sebagian lagi tidak menutup kemungkinan justru merasakan mual serius sepanjang hari.

Mual di pagi hari sendiri umumnya tidak perlu dikhawatirkan. Namun, jika mualnya parah ada baiknya segera hubungi dokter. Sebab, walaupun ini menjadi tanda bayi sehat kalau berlebihan juga dapat mengganggu nutrisi untuk bayi.

Gerakan Janin

Ciri-ciri janin sehat pada trimester pertama dapat juga dilihat dari gerakan janin itu sendiri. Janin yang sehat akan melakukan tendangan. Mungkin pada bulan-bulan pertama para ibu masih belum merasakannya.

Namun, seiring berjalannya waktu tendangan janin akan makin sering dirasakan oleh ibu hamil. Gerakan janin tersebut sebenarnya juga bisa dilihat melalui USG. Apabila menemukan gejala gerakan bayi pasif segera periksakan ke dokter kandungan. Dengan begitu, Anda dapat memastikan kesehatan janin.

Peningkatan Berat Badan Ibu Hamil

Ibu hamil dengan kondisi janin sehat akan wajar jika mengalami penambahan berat badan. Pada umumnya, ibu hamil di usia trimester pertama, berat badannya naik 1 hingga 2 kg. Lalu bertambah lagi 2 sampai 2,5 kg pada trimester berikutnya.

Kenaikan berat badan akan terjadi secara bertahap menyesuaikan dengan perkembangan dan pertumbuhan janin. Meskipun begitu, jika kenaikan berat badan ibu terjadi secara drastis, segera periksa ke dokter. Mungkin saja ada sesuatu yang tidak beres dan dapat segera dilakukan langkah penanganan.

Ukuran Janin Normal

Normalnya janin yang sehat akan tumbuh 5 cm setiap bulan. Sementara itu, berat badan janin akan mengalami perkembangan 700 gram tiap minggunya. Walaupun begitu, angka tersebut sebetulnya tidak harus dijadikan patokan utama. Pasalnya, ukuran masing-masing janin berbeda menyesuaikan fisik si ibu.

Paling penting adalah terjadi penambahan ukuran janin setiap bulan pada trimester pertama. Cara untuk memastikannya adalah dengan periksa USG yang ditangani langsung oleh dokter kandungan. Hal inilah yang menjadikan pentingnya pemeriksaan kesehatan ibu dan janin setiap bulan.

Naiknya Hormon Progesteron dan Estrogen

Ada 2 hormon yang berperan penting bagi para ibu hamil yaitu progesterone dan estrogen. Ibu hamil umumnya akan memproduksi hormon progesterone 20 kali lebih banyak daripada wanita sehat dan tidak sedang hamil.

Sebaliknya, hormon estrogen justru dibutuhkan 2 kali lipat oleh ibu hamil. Ini berarti jika keduanya naik secara optimal maka bisa dijadikan indikator ciri-ciri janin sehat pada trimester pertama.

Itu dia tadi apa saja ciri-ciri janin sehat pada trimester pertama kehamilan. Jangan lupa, bagi Anda ibu hamil untuk selalu rutin periksa ke dokter kandungan. Sehingga dapat memastikan tumbuh kembang janin dengan optimal. 

Posting Komentar untuk "Ciri-ciri Janin Sehat Pada Trimester Pertama"

YouTube Ponsel Pro