Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Posisi Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil Trimester Pertama

Dok, posisi tidur yang bagaimana yang cocok bagi ibu yang sedang hamil muda atau dalam masa trimester pertama, apakah terlentang, miring kiri, miring kanan, atau tengkurap?

Pada awal kehamilan, janin ukurannya masih sangat kecil. Dengan demikian rahim juga tidak terlalu besar. Oleh karena itu ukuran dan berat rahim yang masih kecil tersebut tidak begitu mempengaruhi organ-organ penting tubuh di sekitarnya. 

Gambar oleh Jess Foami dari Pixabay

Jadi walaupun ibu misalnya tidur terlentang maka rahim tidak akan terlalu menekan pembuluh darah yang ada di bawahnya. Demikian pula jika ibu miring ke kanan misalnya. 

Hanya saja pada awal kehamilan biasanya ibu akan susah tidur. Hal ini terjadi karena perubahan hormonal pada tubuh ibu. Kurang tidur pada ibu hamil akan mempengaruhi tumbuh kembang bayi. Untuk itu seyogyanya seorang ibu hamil memperhatikan posisi atau kondisi di ruang tidurnya sehingga dapat tidur lebih nyenyak. 

Kenapa kehamilan dihitung dari HPHT?

Pada hamil trimester 1 ibu dapat mencari posisi tidur yang nyaman baginya. Jadi bebas aja, karena pada dasarnya pada awal kehamilan posisi apa saja tidak terlalu mempengaruhi janin didalam kandungan. Demikian juga, kandungan tidak terlalu mempengaruhi organ-organ di sekitarnya.

Posting Komentar untuk "Posisi Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil Trimester Pertama"

YouTube Ponsel Pro