Kenapa kehamilan dihitung dari HPHT?

Ketika ibu memeriksakan kehamilan ke dokter atau bidan, salah satu hal yang hampir pasti ditanyakan adalah HPHT atau Hari Pertama Haid Terakhir. Untuk apa? Untuk menghitung berapa usia kehamilan ibu saat ini.
Apa itu HPHT?
Masalahnya adalah, HPHT mendahului proses PEMBUAHAN, kira-kira 2 minggu jika Ibu mempunyai siklus haid 28 hari. Itu artinya usia kehamilan dihitung beberapa hari sebelum terjadinya pertemuan sel jantan dan sel telur. Misalkan usia janin adalah 3 minggu dihitung sejak pembuahan, maka usia kehamilan adalah 5 minggu karena dihitung dari HPHT.
Cara menghitung siklus haid
Banyak yang mengajukan pertanyaan seperti ini, mungkin termasuk Anda juga: kenapa usia kehamilan dihitung dari HPHT, bukan dari saat terjadinya pembuahan oleh sel jantan terhadap sel telur?

Memang benar usia kehamilan idealnya dihitung dari sejak mulainya pembuahan. Hanya saja, sulit sekali untuk mengetahui tanggal pasti terjadi pembuahan. Walaupun ada tanda-tandanya tetapi tetap tidak bisa dipastikan dengan akurat. Hal yang bisa dipastikan dan bisa diingat ibu dengan cukup baik adalah hari pertama ibu mengalami haid yang terakhir, atau biasa disingkat HPHT. Dengan demikian, di dunia medis HPHT-lah yang dijadikan patokan untuk menentukan usia kehamilan.

Oleh karena itu, jika Ibu sedang merencanakan kehamilan, maka sebaiknya ibu selalu mencatat tanggal hari pertama dari setiap haid.

Demikian semoga bermanfaat ...

Tidak ada komentar: