Kenapa kehamilan dihitung dari HPHT?

Ketika ibu memeriksakan kehamilan ke dokter atau bidan, salah satu hal yang hampir pasti ditanyakan adalah HPHT atau Hari Pertama Haid Terakhir.

Untuk apa?

Untuk menghitung berapa usia kehamilan ibu saat ini.
Apa itu HPHT?
Masalahnya adalah, HPHT mendahului proses PEMBUAHAN, kira-kira 2 minggu jika Ibu mempunyai siklus haid 28 hari. Itu artinya usia kehamilan dihitung beberapa hari sebelum terjadinya pertemuan sel jantan dan sel telur.

Misalkan usia janin adalah 3 minggu dihitung sejak pembuahan, maka usia kehamilan adalah 5 minggu karena dihitung dari HPHT.
Cara menghitung siklus haid
Banyak yang mengajukan pertanyaan seperti ini, mungkin termasuk Anda juga: kenapa usia kehamilan dihitung dari HPHT, bukan dari saat terjadinya pembuahan oleh sel jantan terhadap sel telur?

Memang benar usia kehamilan idealnya dihitung dari sejak mulainya pembuahan. Hanya saja, sulit sekali untuk mengetahui tanggal pasti terjadi pembuahan. Walaupun ada tanda-tandanya tetapi tetap tidak bisa dipastikan dengan akurat.

Hal yang bisa dipastikan dan bisa diingat ibu dengan cukup baik adalah hari pertama ibu mengalami haid yang terakhir, atau biasa disingkat HPHT. Dengan demikian, di dunia medis HPHT-lah yang dijadikan patokan untuk menentukan usia kehamilan.

Oleh karena itu, jika Ibu sedang merencanakan kehamilan, maka sebaiknya ibu selalu mencatat tanggal hari pertama dari setiap haid.

Demikian semoga bermanfaat ...

6 komentar:

  1. Hallo Doktor bagus....
    Saya mau tanya dong....
    HPHT tanggal 20 januari
    Bulan februani non Haid/Menstruasi...
    Lalu tanggal 4 dan 5 maret bercak merah.....
    Lanjut pada tanggal 30 maret sampai 3 aprilll bercak merah......


    Apakah ini Sirklus haid saya gak teratur iya Dok🤗
    Terimakasih🤲🙏

    BalasHapus
  2. Hallow dr bagus....
    Saya mau tanya dok
    Hpht saya tanggal 30 januari,dan bulan feb saya sudah tidak haid,kemudian saya tes pack hasilnya positif,yg saya mau tanyakan,kira2 usia kehamilan saya sudah brp mnggu ya dok?????

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum dok. Saya mau tanya saya pertama mens tgl 7 Maret April nya tgl 5 April .. Maret nya saya blm dpt mens. Tp saya mengeluarkan lendir diputih cm tiga hari ya periksa tespek negatif. Terus saya skrng keluarin darah saya kg ngerti plek apa mens. Tp enga baik keluar nya enga kaya mens. Terus gimn dok .. tolong kasih penjelasan nya. Makasih dok

    BalasHapus
  4. Hallo dok,saya mau bertanya dok,tgl 3 buln april kmrin 2020 saya haid dok sampai 7 hari baru bersih, dan taggal 28 april ny lagi saya haid lagi dok sampi tgl 3 mei,dan skrg saya dah hamil dok.kira kira saya hamil brp minggu dok skrg ,,

    BalasHapus
  5. Hallo dok,saya mau bertanya dok,tgl 3 buln april kmrin 2020 saya haid dok sampai 7 hari baru bersih, dan taggal 28 april ny lagi saya haid lagi dok sampi tgl 3 mei,dan skrg saya dah hamil dok.kira kira saya hamil brp minggu dok skrg ,,

    BalasHapus
  6. Hallo dok..saya sedang promil nih. 13 agustus kemarin saya melakukan operasi caesar anak pertama saya dan karena terlambat pembukaan akhirnya babynya nelan kotoran dlm perut akhirnya selama 12 hari dirawat anak saya meninggal. Dan sekarang sedang promil anak kedua. Sementara siklus menstruasi saya tdk menentu. Dari agustus itu say baru mens lagi 12 oktober tp cuma bercak dara gitu selama 2 hr.
    12 Desember
    23 januari
    12 februari
    22 maret
    22 may
    Dan sampai hr ini tgl 4 july saya belum mens lgi. Sempat testpeck pas tanggal 29 juni kemarin tp garis positipnya samar2 gak terang. Apakah saya sudah bisa dikatakan hamil dok? Mau test lagi tapi takut kecewa lagi

    BalasHapus