Cara Mengobati Nyeri Haid yang Tak Tertahankan

pexels.com

Pada sebagian orang haid merupakan pengalaman yang tidak mengenakkan. sebabnya haid nya diiringi oleh rasa nyeri yang tidak tertahankan. Bagi orang tersebut sebenarnya ada cara mengobati nyeri haid nya.

Pertama adalah dengan mengkonsumsi obat-obatan pereda nyeri seperti ibuprofen, naproxen, asam mefenamat dan pereda nyeri lainnya. Hanya saja patut diingat bahwa pereda nyeri tersebut di atas dapat menyebabkan iritasi lambung dan nyeri lambung. Oleh karena itu sebaiknya diminum setelah makan. Tapi jika terlanjur sakit gara-gara mengkonsumsi obat tersebut maka boleh minum obat maag jenis antasida misalnya promag, mylanta atau polysilane. Tapi jika penyakit maag atau gastritis nya sangat parah maka dianjurkan minum obat pereda nyeri golongan parasetamol.

Kedua hindari minum kopi dan alkohol.

Ketiga makanlah dalam porsi yang kecil tetapi lebih sering. Sebaiknya makan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti buah-buahan, sayur-sayuran atau biji-bijian.

Keempat minum multivitamin dan kalsium dalam jumlah yang cukup.

Kelima jika nyeri haid tetap bertahan atau semakin memberat dengan langkah-langkah tersebut di atas maka sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter yang terdekat.