Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Ciri-ciri Kamu Terkena Hipertensi

Hipertensi, atau tekanan darah tinggi, merupakan kondisi medis yang sering kali tidak menunjukkan gejala yang jelas pada awalnya. Banyak orang tidak sadar bahwa ia sedang menderita hipertensi, sampai suatu ketika secara tak sengaja tekanan darahnya diukur dan menunjukkan angka yang tinggi. 

Oleh karena itu, sangat penting untuk memahami ciri-ciri hipertensi guna mendeteksinya lebih dini. Berikut adalah beberapa ciri-ciri yang dapat menandakan bahwa seseorang mungkin terkena hipertensi:


Sering Sakit Kepala: Hipertensi dapat menyebabkan sakit kepala, terutama di bagian belakang kepala dan leher, seringkali disertai dengan tegang pada tengkuk. Rasa nyeri semakin bertambah sehabis makan makanan yang asin atau banyak garam.

Mual dan Muntah: Kondisi ini dapat terjadi sebagai respons terhadap tekanan tambahan pada organ-organ tubuh, seperti ginjal.

Napas Pendek atau Sesak Nafas: Sesak nafas atau napas pendek dapat terjadi karena dampak hipertensi pada jantung dan paru-paru.

Denyut Jantung Tidak Teratur: Hipertensi dapat memengaruhi ritme jantung, menyebabkan detak jantung yang tidak stabil atau tidak teratur.

Rasa Sakit Dada: Penderita hipertensi mungkin mengalami rasa sakit atau ketidaknyamanan di dada karena beban ekstra pada jantung.

Pembengkakan pada Kaki: Penumpukan cairan yang terkait dengan hipertensi dapat menyebabkan pembengkakan pada kaki.

Penglihatan Kabur atau Mata Pucat: Perubahan pada pembuluh darah di mata dapat menyebabkan penglihatan kabur atau mata terlihat pucat.

Hipertensi yang parah dapat menyebabkan stroke, yaitu pecahnya pembuluh darah di otak. Adapun tanda-tandanya antara lain adalah:

Kebas atau Lemah pada Satu Sisi Tubuh: Stroke dapat menyebabkan kebas atau kelemahan tiba-tiba pada satu sisi tubuh, termasuk wajah, lengan, atau kaki.

Kesulitan Berbicara atau Memahami Kata: Penderita stroke mungkin mengalami kesulitan berbicara atau memahami kata-kata dengan jelas.

Ketidakseimbangan atau Koordinasi yang Buruk: Gangguan pada keseimbangan dan koordinasi dapat terjadi, membuat penderitanya kesulitan berjalan atau menjaga posisi tubuh.

Pusing Hebat atau Pingsan: Stroke dapat menyebabkan pusing hebat atau bahkan kehilangan kesadaran.

Sulit Menelan: Penderita stroke dapat mengalami kesulitan menelan, yang dikenal sebagai disfagia.

Penglihatan Tiba-tiba Kabur atau Hilang: Perubahan mendadak pada penglihatan, termasuk kabur atau hilangnya penglihatan, dapat menjadi tanda stroke.

Sakit Kepala Parah: Sebuah stroke dapat disertai dengan sakit kepala parah yang berbeda dari sakit kepala biasa.

Kesadaran yang Menurun: Penderita stroke dapat mengalami penurunan kesadaran, mulai dari kebingungan hingga koma.

Penting untuk diingat bahwa gejala stroke dapat bervariasi, dan tanda-tanda tersebut dapat muncul secara tiba-tiba. 

Jika ada kecurigaan terkait hipertensi atau stroke, segera cari bantuan medis darurat untuk evaluasi dan perawatan yang tepat. 

Pencegahan dengan mengelola tekanan darah dan gaya hidup sehat dapat menjadi langkah penting dalam mengurangi risiko hipertensi dan stroke.

Posting Komentar untuk "Ini Ciri-ciri Kamu Terkena Hipertensi "

YouTube @PonselPro