Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berapa Lama Bisa Berhubungan Setelah Suntik KB?

Dok,  Berapa Lama Bisa Berhubungan Setelah Suntik KB?

Pertanyaan seputar berapa lama bisa berhubungan setelah suntik KB adalah hal yang sering muncul ketika seseorang mempertimbangkan metode kontrasepsi ini. Suntikan KB adalah salah satu pilihan kontrasepsi yang efektif dan nyaman, tetapi perlu dipahami kapan aman untuk berhubungan seks setelah suntikan.

Suntikan KB, seperti Depo-Provera, adalah metode kontrasepsi yang memanfaatkan hormon progestin untuk mencegah ovulasi dan mengentalkan lendir serviks, sehingga menghambat sperma mencapai sel telur. Biasanya, suntikan KB diberikan setiap 1 bulan atau 3 bulan.

Setelah menerima suntikan KB pertama, perlu waktu sekitar seminggu atau 7 hari agar kontrasepsi ini benar-benar efektif. Dalam jangka waktu tersebut, sebaiknya pasangan Anda menggunakan metode kontrasepsi tambahan, seperti kondom, untuk melindungi diri dari kehamilan yang tidak diinginkan. Tetapi jika suntikan dilakukan saat haid berlangsung, kontrasepsi tambahan biasanya tidak diperlukan

Setelah jangka waktu tersebut berlalu, suntikan KB biasanya akan memberikan perlindungan yang andal terhadap kehamilan selama 4 minggu atau 12 minggu untuk KB suntik 3 bulan. Oleh karena itu, Anda dapat berhubungan seks tanpa kondom setelah suntikan. Namun, penting untuk diingat bahwa suntikan KB tidak melindungi dari infeksi menular seksual (IMS), jadi jika Anda atau pasangan Anda tidak monogami atau ada risiko IMS, sebaiknya tetap menggunakan kondom.

Penting juga untuk mengingatkan diri sendiri atau pasangan Anda untuk kembali suntik KB berikutnya tepat waktu setelah 4 minggu atau 12 minggu berlalu. Keterlambatan dalam mendapat suntikan berikutnya dapat mengurangi efektivitas kontrasepsi ini dan muncul resiko kehamilan yang tidak direncanakan.

Selalu konsultasikan dengan dokter atau petugas kesehatan Anda untuk informasi yang lebih tepat mengenai metode kontrasepsi yang Anda pilih dan kapan aman untuk berhubungan seks setelah menerimanya. Selain itu, ingatlah bahwa pilihan kontrasepsi yang tepat sangat tergantung pada kebutuhan individu dan pasangan, sehingga diskusi terbuka dengan profesional kesehatan akan membantu Anda membuat keputusan yang sesuai.

Posting Komentar untuk " Berapa Lama Bisa Berhubungan Setelah Suntik KB?"

YouTube Ponsel Pro