MASA SUBUR SETELAH LEPAS KB SUNTIK 3 BULAN

Salah satu jenis KB yang populer di kalangan ibu-ibu adalah KB suntik 3 bulan. Alasan pemakainya antara lain tidak perlu sering-sering suntik atau harus minum pil setiap hari. Jadi sangat cocok bagi mereka yang suka lupa jadwal suntik atau lupa minum pil.

Kadang-kadang pada ibu yang KB suntik 3 bulan ingin berhenti karena ingin punya momongan lagi. Sering muncul pertanyaan kira-kira masa subur setelah lepas KB suntik 3 bulan berapa lama baru terjadi?


Berbeda dengan jenis KB lainnya, kembalinya kesuburan setelah lepas KB suntik 3 bulan biasanya lebih lama. Setiap ibu bervariasi lamanya, antara 4 bulan bahkan sampai 1 tahun. 

Itulah sebabnya banyak ibu yang mengeluhkan belum juga mendapat haid padahal sudah beberapa bulan lepas KB suntik 3 bulan. Haid yang tak kunjung datang merupakan pertanda bahwa ibu belum mengalami masa subur. 

Mengapa masa subur lebih terlambat datangnya?

Karena obat yang disuntikkan di bokong masih tersimpan di dalam otot bokong tersebut bahkan sampai beberapa bulan setelah berhenti suntik. Obat suntik tersebut terus-menerus dilepaskan ke sirkulasi tubuh ibu sampai betul-betul habis. Nah pada saat habis inilah maka masa subur akan kembali. 

Tentunya untuk setiap ibu jumlah obat yang tersimpan di otot bokongnya berbeda-beda. Bagi yang banyak maka masa suburnya akan kembali lebih lama. Pun sebaliknya, bagi yang sedikit maka masa suburnya akan kembali lebih cepat. 

Adakah cara untuk mempercepat masa subur setelah berhenti suntik KB?

Sampai saat ini sepertinya belum ada cara yang manjur untuk mempercepat masa subur pasca KB. Hal yang paling rasional yang bisa dilakukan adalah menunggu sampai simpanan obat di otot bokong benar-benar habis. 

Demikian artikel "Masa Subur Setelah Lepas KB Suntik 3 Bulan", semoga bermanfaat.

Baca Juga

Yuk pasang ...
"Kalender Indonesia Lengkap"

Yuk jadilah yang PERTAMA berkomentar

Posting Komentar

Artikel Lainnya