NAMA MEDIS FLU SINGAPURA

Flu Singapura adalah nama penyakit yang lazim kita dengar di masyarakat. Tetapi nama flu Singapura ini sebenarnya bukanlah nama medis atau nama resmi yang diakui oleh para dokter. 

Nama medis flu Singapura adalah Penyakit Tangan, Kaki, dan Mulut (PTKM). Sedangkan penyakit flu Singapura in english biasa disebut Hand, Food, and Mouth Disease disingkat HFMD. 

Penyakit tangan, kaki dan mulut, yang merupakan nama lain penyakit flu Singapura, disebut demikian karena gejala penyakit ini memang mengenai ketiga organ tersebut. Pada tangan kaki dan mulut muncul bintik-bintik merah dan bernanah. Bintik bernanah tersebut sangat nyeri terutama di daerah bagian mulut. Itulah sebabnya anak yang terkena flu Singapura biasanya sulit minum atau makan. 


Walaupun ada nanah, tetapi penyakit ini tidak disebabkan oleh bakteri. Penyebab penyakit ini adalah virus yaitu coxsakie virus atau human enterovirus 71.

Karena penyebabnya virus maka penyakit ini sangat menular dan dapat mengenai anak-anak di sekitarnya. Penularan bisa karena bersentuhan langsung dengan penderita atau melalui udara lewat bersin atau batuk. Bisa juga karena anak menyentuh objek atau benda-benda yang sebelumnya disentuh oleh penderita flu Singapura. 

Pengobatan penyakit ini hanya berdasarkan gejala yang muncul. Jika demam atau nyeri biasanya diberi pereda demam seperti Paracetamol atau ibuprofen. Sedangkan untuk mengurangi keluhan di mulut dapat diberikan obat kumur. 

Virus yang menjadi penyebab penyakit flu Singapura biasanya akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa hari. Oleh karena itu daya tahan tubuh anak harus terus dijaga terutama asupan minum. Anak yang dehidrasi karena kurang minum dapat memperparah keluhan dan rasa tidak nyaman pada tubuh. 

Penyakit ini jarang sekali menimbulkan komplikasi yang serius walaupun pada beberapa kasus dapat menyebabkan infeksi pada otak maupun selaput otak.

Baca Juga

Yuk pasang ...
"Kalender Indonesia Lengkap"

Yuk jadilah yang PERTAMA berkomentar

Posting Komentar

Artikel Lainnya