Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PERBEDAAN ASETAMINOFEN DAN PARASETAMOL


Jika kita memperhatikan kemasan obat penurun panas, ada yang isinya tertulis asetaminofen, ada juga yang tertulis parasetamol.

Apa perbedaan ASETAMINOFEN dan PARASETAMOL dalam obat-obatan tersebut?

Asetaminofen merupakan singkatan dari nama senyawa kimia N-asetil-para-aminofenol. Sedangkan parasetamol berasal dari singkatan para-asetil-aminofenol.

Walaupun kedua nama ini berbeda tapi senyawa kimia yang dirujuknya adalah senyawa yang sama. Hanya saja orang Amerika lebih menyukai menggunakan nama asetaminofen. Sedangkan orang Inggris lebih senang dengan nama parasetamol. Di Indonesia sendiri kebanyakan obat-obat penurun panas menggunakan nama parasetamol. Jarang sekali kita menemukan obat yang kandungan senyawa penurun panasnya ditulis asetaminofen.

Asetaminofen atau parasetamol bekerja dengan cara memblok respon nyeri di otak sehingga kita tidak lagi merasakan nyeri. Selain itu parasetamol atau asetaminofen juga mampu menurunkan panas demam. Sayangnya obat ini tidak mempunyai efek anti peradangan seperti halnya obat nsaid contohnya ibuprofen.

Parasetamol merupakan obat yang terbukti lebih aman dibandingkan dengan aspirin. Oleh karena itu obat-obat ini sering digunakan pada bayi, ibu hamil, dan ibu menyusui.

Dalam versi bahasa Inggris nama keduanya ditulis sebagai acetaminophen dan paracetamol.

Kembali ke judul, apa perbedaan asetaminofen dan parasetamol, jawabannya adalah perbedaanya hanya dari segi penamaan saja. Sedangkan zat atau barangnya sama saja.

Demikian, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "PERBEDAAN ASETAMINOFEN DAN PARASETAMOL"

YouTube Ponsel Pro