Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BATAS TELAT SUNTIK KB 3 BULAN

Dok, mau tanya tentang jadwal suntik KB 3 bulanan. Saat ini saya lupa suntik KB seharusnya 5 hari yang lalu. Apakah masih bisa suntik KB saat ini juga atau menunggu dulu? Adakah batas telat suntik KB 3 bulan yang masih diperbolehkan?

Metode suntik KB, terutama yang 3 bulan menjadi favorit kaum Ibu. Pertama karena suntikannya cuma butuh empat kali dalam setahun. Kedua, sangat efektif melindungi dari kehamilan yang tidak direncanakan. Oleh karena itu, ibu senantiasa nyaman saat berhubungan dengan suami.

Permasalahannya adalah, jadwal suntikan KB suntik 3 bulan cukup lama yaitu 120 hari, mengakibatkan Ibu rentan lupa jadwal suntik berikutnya. Kadang-kadang ibu baru ingat setelah sekian hari dari jadwal suntik yang seharusnya. Fenomena ini biasanya ditemui pada ibu yang sibuk dan jadwalnya padat, termasuk ibu yang mengurus putra-putrinya.

Jika Ibu, telat suntik KB yang 3 bulan, apa yang harus dilakukan?

Bagaimana sikap ibu terhadap kejadian telat suntik KB 3 bulan tergantung berapa lama telatnya. Jka telatnya kurang dari 2 minggu, maka tidak mengapa. Artinya ibu dapat langsung suntik KB untuk jadwal berikutnya. Mengapa demikian? Efek suntik KB sebelumnya masih ada dan masih memberikan perlindungan walaupun sudah telat dalam dua minggu.

Lain halnya jika sudah telat lebih dari 2 minggu. Maka ibu tidak boleh langsung suntik. Ibu harus dicek dulu apakah sedang tidak hamil. Jika benar tidak hamil, boleh disuntik tapi harus menggunakan cara KB lain yang non hormonal paling sedikit seminggu. Atau bisa juga ibu tidak berhubungan dulu sampai menunggu haid berikutnya. Jika sudah mendapat haid, maka ibu harus segera suntik.

Jenis telat yang paling sering dialami ibu adalah telat satu atau dua hari saja. Jika demikian, tidak usah ragu untuk segera suntik KB lanjutan. Tetapi perlu diperhatikan bahwa suntikan berikutnya tidak terlambat lagi.

Istilah pencarian
batas telat suntik kb 3 bulan
telat suntik kb 3 bulan tapi sudah berhubungan
telat suntik kb 3 bulan selama 4 hari
telat 20 hari suntik kb 3 bulan
telat suntik kb 3 bulan selama 7 hari
telat suntik kb tapi belum haid

Posting Komentar untuk "BATAS TELAT SUNTIK KB 3 BULAN"

YouTube Ponsel Pro