Masa Subur Wanita Setelah Haid Hari Keberapa?

Masa subur seorang wanita adalah masa-masa di mana wanita tersebut siap dibuahi. Pada masa subur terjadi pematangan dan pelepasan sel telur dari indung telur. Di dunia medis peristiwa ini disebut ovulasi.

Masa subur seorang wanita tidak terjadi sepanjang waktu tapi hanya beberapa hari. Masa subur yang paling baik terjadi hanya sekitar 6 hari.

Pertanyaannya adalah masa subur wanita setelah haid hari ke berapa?

Masa subur wanita tidak dihitung SETELAH haid hari ke berapa, tetapi dihitung 14 hari SEBELUM perkiraan haid berikutnya.

Mengapa bukan setelah tapi memakai sebelum? karena siklus haid setiap wanita itu berbeda panjangnya ada yang 21 hari, 25 hari, bahkan 30 hari. Karena perbedaan ini lah maka para praktisi medis mengambil rumus yang seragam yaitu 14 hari sebelum perkiraan haid berikutnya.

Lalu bagaimana cara memperkirakan tanggal haid berikutnya? Caranya cukup mudah yaitu dengan menghitung berapa jarak antara dua haid sebelumnya. Jika jaraknya 28 hari maka kemungkinan haid terakhir dengan haid yang diperkirakan juga 28 hari. Dengan demikian tanggal perkiraan haid dapat ditentukan.

Jika tanggal perkiraan haid yang akan datang sudah diketahui atau ditentukan maka tinggal menghitung mundur sebanyak 14 hari. Lalu dari hari yang terpilih itu ditambahkan 3 hari sebelum dan 2 hari sesudah. maka total hari masa subur yang terhitung adalah 6 hari yaitu 3 hari tambah 1 hari tambah 2 hari.

Kalau ibu-ibu bingung dengan penjelasan diatas maka ada cara yang simple. Cukup download aplikasi kalkulator masa subur yang ada di playstore. Berikut link download-nya silakan tekan.

APLIKASI KALKULATOR MASA SUBUR UNTUK ANDROID DI PLAYSTORE

Dengan aplikasi tersebut maka penghitungan masa subur menjadi lebih mudah bahkan dilengkapi dengan fitur pengingat. Jadi kalau hari ini adalah hari masa subur ibu-ibu maka akan muncul notifikasi di HP ibu. Oleh karena itu silakan segera dicoba.