Apakah Ovulasi Sama Dengan Masa Subur?

Barangkali Anda pernah membaca sebuah artikel di mana terdapat kata 'ovulasi' dan 'masa subur' yang digunakan secara bersama-sama.

Apakah kedua kata itu pengertiannya sama, atau dengan kata lain apakah ovulasi sama dengan masa subur?

Ovulasi adalah suatu bahasa medis yang digunakan untuk menyebutkan kondisi di mana sel telur yang telah matang di indung telur (ovarium), dilepaskan ke sebuah saluran yang dinamakan tuba Fallopi, agar dapat dibuahi oleh sp3rm4. Biasanya ovulasi hanya terjadi pada suatu saat atau dalam hitungan satu hari saja.

Bagaimana dengan masa subur?

Masa subur adalah masa dimana jika pasangan melakukan hubungan suami istri maka dapat terjadi kehamilan. Masa subur biasanya berlangsung 3 hari SEBELUM hari ovulasi, kemudian 1 hari SAAT hari ovulasi, dan 2 hari SETELAH hari ovulasi. Jadi total masa subur dalam satu siklus haid adalah 6 hari. Tetapi perlu dipahami bahwa ini adalah perkiraan dan untuk setiap wanita biasanya mempunyai kekhasan lama masa subur masing-masing. Jadi bisa saja ada yang lebih dari 6 hari atau ada yang kurang dari 6 hari.

Mengapa masa subur terjadi tiga hari sebelum ovulasi?

Angka 3 hari berasal dari daya tahan sp3rm4 di dalam tubuh seorang wanita. Sel sp3rm4 yang masuk ke dalam tubuh wanita dapat bertahan kurang lebih selama 3 hari.

Dan mengapa masa subur terjadi lagi 2 hari setelah ovulasi?

Angka 2 hari berasal dari daya tahan sel telur atau ovum setelah dilepaskan dari indung telur.

Pada masa-masa tersebut jika terjadi hubungan suami istri maka peluang untuk terjadinya kehamilan sangat besar. Walaupun demikian di luar masa 6 hari itu kehamilan tetap bisa saja terjadi tapi peluangnya lebih kecil.

Sebagai kesimpulan, apakah ovulasi sama dengan masa subur maka jawabannya adalah ovulasi dalam jumlah hari berbeda dengan masa subur. Ovulasi hanya terjadi satu hari sedangkan masa subur berlangsung selama 6 hari. Walaupun demikian ovulasi berada di dalam satu hari masa subur yaitu biasanya pada hari keempat.

12 komentar:

  1. Kalau mau cepat hamil bagusnya berhubungan saat ovulasi atau masa subur dok?

    BalasHapus
  2. Hampir sama saja, tp saat hari masa subur memang peluangnya sedikit lebih besar.

    BalasHapus
  3. Bolehkah berhubungan s3tiap hari dipagi hari saat masa subur?

    BalasHapus
  4. Ndokk mohon arahan nya....
    Say terakhir haid tnggl 29 january...na bulann februay saya g haid telat seminggu jadi haid nya tnggl 6 bagaimna cra ngitung nya ndok hptp ..n masa ovulasi...mohon arahan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. HPHT tgl 6 Maret, siklusnya hitung pakai aplikasi aja https://play.google.com/store/apps/details?id=com.mediaplus.kalkulatormasasubur

      Hapus
  5. Mau tanya dok, untuk mendapatkan anak laki-laki apakah hrs melakukan hubungan 3 hari seblm ovulasi??

    BalasHapus
  6. Mau tanya dok, biasanha saya haid lamanya 7 hari tp udh 2 bulan terakhir ini haid saya jd lebih cepat 4-5 saja.. apa masih normal dok?

    BalasHapus
  7. Dok mau tanya, saya kan sudah haid normal selama 7 hari dr tgl 01 smpai tgl 07, tapi kok pada tgl 10 smpai tgl 13 ini tiba2 darah keluar lagi sperti lendir, dan perut bagian bawah sebelah kanan saya sakit. Itu kenapa ya dok ?

    BalasHapus
  8. Dokter saya selalu berhubungan dmasa subur tapi knpa tak pernah jdi hamil y docter

    BalasHapus
  9. Assalamualaikum Dok mau tanya yg mana lebih besar peluangx untuk berhubungan spy bisa hamil masa subur atau masa ovulasi????,trimakasi

    BalasHapus
  10. dok,saya mau tnyak,
    sesudah berhubungan agar sperma tidak tumpah, istri harus berbaring sampai berapa jam ya dok?

    BalasHapus