Aplikasi Kalkulator Kehamilan (2020/2021)

Kalkulator Kehamilan Plus Online

Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT)
Lama Siklus Haid Rata-rata
Boleh tidak diisi
(21 - 35 hari)
*Umumnya 28 hari



Perkiraan Usia Kehamilan
Perkiraan Tanggal Kelahiran
Periode Cukup Bulan -
Perkiraan Pembuahan
Usia Kehamilan 3 Bulan
Usia Kehamilan 7 Bulan
Trimester Pertama
Trimester Kedua
Trimester Ketiga
Mulai Senam Hamil

Cara Menghitung HPHT

HPHT adalah singkatan dari Hari Pertama Haid Terakhir. Istilah ini walaupun sederhana, tapi sering membingungkan. Padahal, HPHT adalah modal utama untuk menghitung usia kehamilan.

Cara menghitung HPHT sebenarnya sangat mudah, tidak serumit dengan namanya. Agar lebih mudah dipahami, kita langsung ke contoh saja.

Misal, seorang ibu mendapat haid selama 5 hari, mulai dari tanggal 17 Agustus 2020 dan baru selesai haidnya 5 hari kemudian. Pada bulan berikutnya, seyogianya ibu sudah mendapat haid lagi, tapi tak kunjung haid. Itu artinya, haid bulan Agustus adalah haid terakhir, dan hari pertama dari haid terakhir tersebut adalah pada 17 Agustus 2020.

Dengan kata lain, HPHT ibu jatuh pada 17 Agustus 2020.

Sangat mudah kan untuk menghitung HPHT.

Cara Menghitung Siklus Haid

Kalau untuk HPHT hanya dibutuhkan satu data haid, maka siklus haid dibutuhkan minimal dua data haid yang berdekatan. Kita lanjutkan contoh di atas. Misal haid ibut 17 Agustus sampai selesai. Di bulan sebelumnya, yaitu pada 20 Juli ibu mulai haid sampai selesai. Maka siklus haid adalah jumlah hari antara 20 Juli 2020 dengan 17 Agustus 2020 yaitu sebanyak 28 hari.



Kalkulator Kehamilan Plus Android




Kehamilan adalah sesuatu yang sangat didambakan oleh kaum ibu.

Begitu tahu dirinya hamil maka seorang ibu biasanya segera bertanya tanya kira-kira tanggal berapa dia akan melahirkan. Umumnya para ibu akan ke bidan untuk menanyakan tanggal perkiraan kelahiran atau tanggal perkiraan persalinannya. 

Tetapi sebenarnya ibu sendiri dapat menentukan kira-kira kapan tanggal persalinannya.

Ada dua cara yaitu cara manual dan cara digital. cara manual menggunakan kertas dan pulpen atau catatan lain yaitu dengan cara "hari ditambah 7 bulan dikurang 3 dan tahun ditambah 1". Tapi kalau ibu merasa kesulitan dengan cara itung-itungan tersebut ibu dapat melakukannya dengan mudah cukup dengan aplikasi Android.

Nama aplikasi tersebut adalah Aplikasi Kalkulator Kehamilan Plus.

Setelah didownload maka akan ada beberapa petunjuk penggunaan. Ibu jangan khawatir karena cara penggunaannya sangat mudah dan sangat simple. Tidak perlu itung-itungan yang rumit atau data yang sulit.

Jika Ibu tertarik untuk mencoba maka silahkan kunjungi tahun play store berikut ini.

Download Kalkulator Kehamilan Plus

Tanya Jawab:

Kapan tes kehamilan mulai positif