Berapa Hari Boleh Berhubungan Setelah KB IUD

Banyak ibu yang memilih memasang KB IUD karena KB IUD mempunyai beberapa kelebihan dibandingkan cara ber-kb lainnya, seperti pil KB atau suntik KB.

Bagi ibu yang baru pertama memasang KB IUD mungkin muncul pertanyaan, berapa hari boleh berhubungan setelah KB IUD terpasang?

Efek proteksi atau perlindungan KB IUD sudah terjadi 24 jam pasca pemasangan. Jadi jika pemasangannya dilakukan pada malam hari pukul 20.00 maka ibu sudah bisa melakukan hubungan seksual keesokan harinya setelah jam 20.00. Hubungan seksual ini bisa dilakukan tanpa perlindungan tambahan seperti kondom.

Tentu saja efek proteksi ini sangat cepat bila dibandingkan dengan KB hormonal seperti pil KB atau KB suntik. KB hormonal baru muncul perlindungan minimal 7 hari pasca pemberian atau penyuntikan. Diantara masa menunggu tersebut ibu punya pilihan berpantang sementara melakukan hubungan, atau berhubungan dengan perlindungan tambahan non hormonal seperti penggunaan kondom.

Bagaimana jika ibu mengalami perdarahan bercak atau nyeri pasca pemasangan? Apakah efek perlindungan tersebut juga tetap 24 jam?

Ya betul efek perlindungan tetap diperoleh setelah 24 jam tetapi karena ada perdarahan bercak atau nyeri maka hubungan seksual dianjurkan untuk dilakukan setelah gejala tersebut hilang. Hal ini semata-mata untuk menjaga kenyamanan ibu, bukan karena hilangnya efek perlindungan karena munculnya gejala tersebut.

Bagaimana kalau sebaliknya. Malah suami yang mengeluh nyeri saat hubungan seksual. Keluhan ini disebabkan oleh tumbukan kepala punya suami dengan benang yang menjulur dari buntut dari IUD. Keluhan ini dapat diatasi dengan cara yang relatif mudah yaitu kembali ke dokter kandungan atau bidan untuk memotong benang yang terlalu panjang tersebut.

Keluhan nyeri ini bukan menjadi alasan untuk mencabut kembali IUD. Lain halnya jika IUD tersebut bergeser atau melorot. maka IUD harus dibuka karena bisa menyebabkan keluhan dan tidak efektif untuk melindungi ibu terhadap kehamilan.

Jadi sekali lagi sebagai kesimpulan, efek perlindungan atau proteksi dari IUD terhadap kehamilan yang tidak direncanakan adalah sekitar sehari semalam atau 24 jam. Pasca 24 jam bebas berhubungan dengan suami tanpa harus khawatir akan terjadi kehamilan dan tanpa perlu menggunakan perlindungan tambahan.

Yuk kunjungi channel kami