Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

RAHASIA KOMPRES HANGAT

Dulu ketika anak demam, lazim digunakan kompres dingin. Logikanya sederhana. Suhu tubuh yang panas mesti dilawan dengan sesuatu yang dingin.

Tapi seiring dengan berkembangnya zaman, kompres dingin untuk menurunkan panas mulai ditinggalkan. Diganti dengan kompres hangat.

Secara akal mungkin tidak masuk. Bagaimana mungkin suhu tubuh yang panas, ditambah dengan kompres yang hangat. Bisa jadi demam bertambah parah.

Tapi ternyata tidak demikian.

Di dalam tubuh kita terdapat organ yang berfungsi untuk mengatur suhu. Cara kerja pusat pengatur suhu ini adalah dengan menerima sinyal dari sensor permukaan tubuh, kemudian bereaksi sesuai sinyal yang masuk. Jika sinyal mengindikasikan keadaan sekitar tubuh dingin, maka pusat pengatur akan memerintahkan tubuh menaikkan suhu. Demikian sebaliknya. Jika sensor mendeteksi suhu luar dalam keadaan panas, maka pusat pengatur akan memerintahkan tubuh menurunkan suhu.

Prinsip ini juga berlaku dalam hal kompres mengkompres.

Jika tubuh dikompres dingin, maka sensor akan mengirimkan sinyal ke pusat pengatur bahwa suhu di luar sedang dingin. Dan tubuh perlu diperpanas. Itulah sebabnya jika kompres dingin dilepas suhu tubuh akan naik tinggi.

Beda halnya jika tubuh dikompres hangat. Sensor mendeteksi bahwa di sekitar tubuh sedang hangat. Lalu pusat pengatur mengeluarkan perintah, turunkan suhu.

Jika ragu silahkan coba sendiri ...

Andai suatu ketika Anda atau anak Anda demam cobalah lakukan kompres hangat. Niscaya tak lama kemudian suhu tubuh akan turun dan badan akan terasa lebih nyaman.

Gambar: intercontinentalhealthy

Posting Komentar untuk "RAHASIA KOMPRES HANGAT"

YouTube Ponsel Pro