JIN BISA NYUNAT?

Kasus ini sering terjadi. Dan juga viral. Ada anak yang tiba-tiba saja sudah disunat, tanpa ada yang tahu siapa yang menyunat. Pun si anak sendiri.

Agar masuk akal, dicarilah korban. Bisa juga disebut kambing hitam. Jin lah yang dituduh sebagai pelaku. Terbitlah istilah disunat jin.

Timbul dua pertanyaan. Pertama, betulkah anak sudah disunat. Kedua, betulkah jin pelakunya.

Sekilas pintas, memang titit anak sepertinya sudah disunat. Kalau ragu, perhatikan gambar berikut.

Tampak sudah disunat bukan?

Tetapi kalau diperhatikan dengan seksama, ada yang gak lazim. Kulit dalam tampak panjang dan longgar. Artinya kulit kulup belum dipotong.

Jadi apa yang sebenarnya terjadi?

Mungkin tanpa sengaja, anak menarik kulit tititnya ke belakang. Muara kulup yang sempit bisa jadi mudah lolos ke belakang, tapi enggan balik ke posisi normal. Lalu terjebak di tengah-tengah. Ujung titit yang terbuka mengesankan sepertinya anak sudah disunat.

Pada sebagian kasus, ujung titit dapat ditarik kembali ke depan. Agar lancar, dilumasi dulu dengan minyak bayi, baby oil. Jika sukses maka bentuk titit akan balik seperti sedia kala. Seperti sebelum disunat jin.

Tapi jika usaha pengembalian alias reposisi gagal, jangan dipaksa.

Juga jangan dibiarkan.

Kasus ini termasuk gawat darurat. Jepitan yang terjadi pada batang penis dapat menghalangi aliran darah. Jika kehabisan darah dalam waktu lama, ujung titit bisa membusuk.

Oleh karena itu, segera bawa ke dokter. Ada dua pilihan tindakan, dokter akan mencoba lagi mengembalikan kulit kulup, tentunya setelah dibius lokal, atau sekalian saja di sunat.

Sunat dokter tapi, bukan sunat jin.

Tidak ada komentar: