Syarat USG Kehamilan dan Jadwalnya

Pemeriksaan ultrasonography (USG) sebetulnya sangat diperlukan bagi ibu hamil. Pada umumnya, pemeriksaan USG kehamilan ini bertujuan untuk mengetahui jenis kelamin bayi. Padahal, manfaatnya lebih dari itu. Ibu bisa memantau kondisi perkembangan janin secara lebih berkala.

Dengan begitu, jika ada kondisi yang tidak memungkinkan bisa langsung diambil langkah yang tepat.  Lalu sebetulnya berapa kali idealnya ibu hamil melakukan tes USG? Paling sedikit, ibu hamil dianjurkan untuk USG sebanyak 2 hingga 3 kali selama kehamilan berlangsung. Pemeriksaan dilakukan pada trimester pertama, kedua, dan ketiga.

Jadwal USG Kehamilan

Mungkin beberapa dari Anda bertanya, sejak kapan boleh mulai tes USG? Sejak tahu sedang mengandung sebetulnya sudah boleh langsung periksa USG. Untuk waktunya bisa kapan saja, namun ada baiknya sesuai dengan jadwal pada umumnya. Para ibu bisa ikuti paduan jadwal periksa USG di bawah ini

Trimester Pertama

Fase kehamilan di trimester pertama yaitu saat janin berusia I hingga 12 minggu, Anda sudah bisa mulai melakukan USG kehamilan. Biasanya, pada usia ini metode USG yang dipakai adalah transvaginal. Ada banyak manfaat tes USG pada masa kehamilan awal seperti saat trimester pertama ini.

Seperti diantaranya adalah memastikan kehamilan, mengetahui denyut jantung janin, hingga mendeteksi kehamilan kembar. Periksa USG pada trimester pertama pun dapat mendeteksi jika ada pertumbuhan abnormal pada janin. Semisal nanti ditemukan bisa langsung dilakukan penanganan yang tepat.

Manfaat lain adalah menentukan apakah kehamilan yang terjadi berada di dalam atau justru luar rahim. Bahkan, resiko kehamilan prematur dan keguguran pun dapat langsung diketahui melalui hasil USG ini.

Trimester Kedua

Selanjutnya ketika sudah memasuki minggu ke 12 hingga 27, Anda boleh melakukan kunjungan kembali untuk pemeriksaan USG kehamilan. Kali ini sudah tidak pakai metode transvaginal lagi, tapi USG perut. Manfaat utama dari melakukan USG di trimester kedua ini adalah untuk mengetahui sejauh mana perkembangan janin.

Hasil dari tes USG ini akan diketahui kelengkapan organ vital janin (struktur otak, jantung, paru-paru, dan lainnya). Nanti, ibu juga tahu jenis kelamin bayi yang dikandungnya. Kehamilan kembar pun bisa terdeteksi melalui tes USG ini. Jika ada masalah plasenta, akan langsung diketahui. Bahkan, melalui USG ini, akan diketahui aliran darah dari tubuh janin itu sendiri.

Trimester Ketiga

Selanjutnya adalah pemeriksaan USG kehamilan pada trimester ketiga yaitu pada usia 24-40 minggu. Pada tahap ini, dokter akan berfokus pada pemantauan pertumbuhan janin hingga kondisi kesiapan persalinan sang ibu. Ada banyak manfaat pemeriksaan USG pada masa ini.

Mulai dari mengetahui posisi janin pada rahim. Apakah miring, normal, atau justru malah sungsang. Selain itu, plasenta juga bisa langsung dideteksi apakah sudah siap untuk menyambut persalinan. Kecacatan janin pun dapat diketahui melalui tes USG pada trisemester ketiga ini.

Tes USG di trimester ketiga ini pun dokter bisa mengambil kesimpulan. Tentang janin apakah sudah siap dan harus segera dilahirkan? Atau malah justru masih “betah” di dalam. Sehingga dapat diambil langkah yang tepat.

Syarat USG Kehamilan

Sebetulnya tidak ada syarat mutlak untuk melakukan pemeriksaan USG. Namun, ada beberapa tips yang sekiranya bisa Anda perhatikan sebelum memulai pemeriksaan kehamilan tersebut. Seperti misalnya memilih dokter yang tepat. Ada baiknya pilih dokter yang sudah punya sertifikasi. Sehingga hasil diagnosisnya pun terpercaya.

Selain itu, ada baiknya ibu hamil memperbanyak asupan air putih. Paling tidak 6 jam sebelum mulai melakukan pemeriksaan. Para ibu juga dianjurkan untuk tidak buang air kecil kira-kira satu jam sebelum diperiksa. Hal ini dilakukan supaya kandung kemih penuh dan berefek pada gambar yang dihasilkan bisa nampak lebih jelas.

Itu dia tadi jadwal dan syarat USG kehamilan. Ada baiknya, Anda ikuti jadwal yang diberikan dokter kandungan. Pemeriksaan USG ini cukup penting, sehingga Anda lebih siap menyambut kelahiran buah hati saat tiba waktunya.

Baca Juga

Yuk pasang ...
"Kalender Indonesia Lengkap"

Yuk jadilah yang PERTAMA berkomentar

Posting Komentar

Artikel Lainnya