Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tensimeter Digital VS Tensimeter Manual, Akurat Mana?

Dok, akurat mana tensimeter digital atau tensimeter manual? Saya liat banyak masyarakat yang memakai tensimeter digital karena praktis, sedangkan di puskesmas saya liat masih menggunakan yang manual?

Pemakaian tensimeter digital saat ini sudah sangat lazim di masyarakat umum. Tetapi ini memunculkan satu pertanyaan. Apakah tensimeter ini cukup akurat. Akurat mana tensimeter digital dan manual?

Standar tensimeter yang paling bagus adalah tensimeter air raksa (manual) yang biasa digunakan di Puskesmas atau rumah sakit atau praktek dokter. Tapi sayangnya tensimeter ini sudah jarang digunakan karena faktor keamanan lingkungan. Jika tensimeter rusak, maka air raksanya dapat mencemari lingkungan.

Sekarang pilihannya hanya tensimeter analog / aneroid (manual) yang menggunakan jarum dan tensimeter digital. Kedua tensimeter ini bisa diandalkan untuk melakukan pengukuran tekanan darah. Oleh karena itu jangan heran jika di fasilitas kesehatan banyak ditemui penggunaan tensimeter analog maupun tensimeter digital.

Tapi perlu diperhatikan terutama untuk tensimeter digital. Hasil dari tensimeter digital dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain kekuatan baterai. Jika baterainya soak hasilnya mungkin berbeda dari tekanan darah yang sebenarnya. Oleh karena itu kekuatan baterai harus selalu dijaga yaitu dengan cara menggantinya dengan yang baru jika sudah sering digunakan. Selain itu tensimeter digital yang sudah cukup lama digunakan sebaiknya ditera atau dikalibrasi. Proses tera atau kalibrasi yaitu proses dimana membandingkan hasil tensimeter digital yang kita punyai dengan tensimeter standar. Ada beberapa lembaga yang menyediakan fasilitas kalibrasi alat kesehatan termasuk tensimeter, misalnya BPFK. Singkatan dari Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan.

Oh ya, hasil yang akurat selain ditentukan oleh jenis tensimeternya, juga oleh cara pengukurannya. Usahakan pengukuran dilakukan di lengan kiri. dalam keadaan duduk di kursi dan posisi rileks. Hindari mengukur tekanan darah jika baru saja melakukan aktifitas fisik sedang sampai berat, misalnya lari atau jalan jauh.

Posting Komentar untuk "Tensimeter Digital VS Tensimeter Manual, Akurat Mana?"

YouTube @PonselPro