OBAT NYERI ULU HATI

Dok, saya sering mengalami sakit dan nyeri di ulu hati. Bagaimana mengobatinya?

Sakit atau nyeri ulu hati biasanya disebabkan oleh iritasi dinding lambung oleh asam lambung. Keadaan ini disebut gastritis. Orang awam sering menyebutnya sebagai maag. Padahal kata ini dalam bahasa Belanda hanya berarti lambung, bukan penyakit pada lambung.

Kunci pengobatan nyeri ulu hati akibat gastritis adalah dengan mengendalikan keasaman lambung. Caranya bisa dengan menetralkan, atau menghambat produksinya.

Obat nyeri ulu hati yang berfungsi menetralkan asam lambung adalah obat golongan antasida. Obat ini tersedia bebas bahkan di warung-warung kelontong. Contohnya promag, sanmag, mylanta dan lain sebagainya.

Sedangkan obat yang dapat menghambat produksi asam lambung adalah obat golongan penghambat histamin dan penghambat pompa proton. Untuk penghambat histamin, contoh obatnya adalah ranitidin, simetidin, famotidin, dll. Untuk penghambat pompa proton, contoh obatnya antara lain omeprazol, lansoprazol, pantoprazol, dsb.

Selain pengobatan, hal lain yang juga penting untuk mengatasi nyeri ulu hati adalah pencegahan. Tindakan pencegahan meliputi menghindari konsumsi obat-obatan atau makanan yang mendorong terjadinya iritasi lambung , misalnya obat pereda nyeri, kopi, buah asam, dsb. Pencegahan juga dapat dilakukan dengan rajin sarapan di pagi hari dan mengelola stres dengan baik.