Beda Cacar dan Cacar Air

Walaupun namanya mirip, kedua penyakit ini mempunyai banyak perbedaan. Beberapa diantaranya adalah:

1. Beda Penyebab

Penyakit cacar disebabkan oleh virus variola, sedangkan cacar air disebabkan oleh virus varicella. Saat ini virus variola sudah dilenyapkan dari muka bumi, kecuali di laboratorium yang dijaga ketat untuk kepentigan penelitian. Keberhasilan mengeradikasi virus variola tidak terlepas dengan keberhasilan vaksinasi di seluruh dunia.

Virus varicella masih banyak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Tidak ada program eradikasi terhadap virus ini karena jarang menimbulkan komplikasi serius.

2. Beda Gejala

Cacar air umumnya gejalanya ringan. Hanya demam dan lepuh kulit yang biasanya menghilang setelah beberapa hari. Bekas lepuh biasanya sembuh sempurna tanpa meninggalkan bekas kecuali ada infeksi sekunder.

Berbeda halnya dengan penyakit cacar, lepuh biasanya lebih besar dan meninggalkan bekas yang permanen. Selain bekas yang sangat mengganggu penampilan, beberapa kasus penyakit cacar berakhir dengan kematian. Penyebabnya adalah perdarahan kulit dan organ dalam yang parah.

Ingin mendapat notifikasi di HP jika ada tulisan baru di DokterBagus.Com, silakan tekan link channel telegram kami ini: Channel Dokter Bagus.