Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Siklus Haid dan Lama Haid

Untuk beberapa orang, kedua istilah ini sering membingungkan, yaitu siklus haid dan lama haid. Apakah keduanya merujuk kepada hal yang sama, atau berbeda?

Kita bahasa istilah lama haid dulu. Haid seorang wanita biasanya berlangsung beberapa hari. Ada yang singkat dan ada yang panjang. Rentang waktu berlangsungnya haid, mulai dari keluarnya darah sampai bersihnya, disebut lama haid. Normalnya, 2 sampai 7 hari. Lebih dari itu dianggap abnormal.

Lalu bagaimana dengan siklus haid? Per definisi, siklus haid adalah rentang waktu antara 2 haid. Agar mudah dipahami, kita langsung ke contoh saja. Misal, Ibu Hani haid dari 14 Juni sampai selesai. Lalu, bulan berikutnya dia mendapat haid kembali dari 13 Juli sampai selesai. Maka siklus haid Ibu Hani adalah jarak antara 14 Juni ke 13 Juli 2020, yaitu 28 hari.

Siklus haid normal seorang wanita adalah 21-35 hari. Jika lebih pendek atau sebaliknya lebih panjang, bisa jadi ada gangguan, baik berupa gangguan fisik maupun psikis. Jika terjadi beberapa kali, ada baiknya konsul ke bidan atau dokter.

5 komentar untuk "Perbedaan Siklus Haid dan Lama Haid"

  1. Assalamualaikum dok saya siklus haid termasuk normal,tetapi lama haid saya terhitung panjang,hari pertama sampai ke 5 haid masih merah sampai merah muda hari ke 6 sampai ke 8 atau 9 berwarna coklat dan jumlahnya sedikit" setelahnya baru saya benar" bersih,,apa itu normal atah tidak dok ? Terimakasih di tunggu balasan dokter

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum dok ,maaf mau konsul dok gini dok sya pernah keguguran usia khamilan 2 bulan setelah itu sya mngalami menstruasi 2 kali siklus menstruasi teratur dan normal sja namun siklus menstruasi bulan ke 3 sya mesntruasi kmbli tetapi hari prtma smpai ke 5 menstruasi sprti biasa namun hari ke 6 smpai ke 14 masih terus mengluarkan darah coklat tua mohon infonya dok trimakasih

    BalasHapus
  3. Januari tgl 9,feb tgl 6,maret tgl 8, april tgl 4, Mei tgl 5, Juni tgl 4,,, kalo sirkulasi haidx beda2 bagaimana menghitung masa suburnya dok,,,kalo saya liat sirkulasi haid saya,28,27dan 30???
    Semoga bisa dibantu๐Ÿ™๐Ÿ™

    BalasHapus
  4. Maret tgl 21 saya haed april tgl 13 saya haed lgi mau tgl 2 trus saya haed lgi tgl 28 mai klo saya hitung beda" Siklus haed saya beda" Sekarang ini saya lagi program hamil dok saya mohon penjelasan ny๐Ÿ™๐Ÿ™

    BalasHapus
  5. Dok bagai mana cara menghitung siklus haid tidak teratur

    BalasHapus

YouTube @PonselPro