Perbedaan Siklus Haid dan Lama Haid

Untuk beberapa orang, kedua istilah ini sering membingungkan, yaitu siklus haid dan lama haid. Apakah keduanya merujuk kepada hal yang sama, atau berbeda?

Kita bahasa istilah lama haid dulu. Haid seorang wanita biasanya berlangsung beberapa hari. Ada yang singkat dan ada yang panjang. Rentang waktu berlangsungnya haid, mulai dari keluarnya darah sampai bersihnya, disebut lama haid. Normalnya, 2 sampai 7 hari. Lebih dari itu dianggap abnormal.

Lalu bagaimana dengan siklus haid? Per definisi, siklus haid adalah rentang waktu antara 2 haid. Agar mudah dipahami, kita langsung ke contoh saja. Misal, Ibu Hani haid dari 14 Juni sampai selesai. Lalu, bulan berikutnya dia mendapat haid kembali dari 13 Juli sampai selesai. Maka siklus haid Ibu Hani adalah jarak antara 14 Juni ke 13 Juli 2020, yaitu 28 hari.

Siklus haid normal seorang wanita adalah 21-35 hari. Jika lebih pendek atau sebaliknya lebih panjang, bisa jadi ada gangguan, baik berupa gangguan fisik maupun psikis. Jika terjadi beberapa kali, ada baiknya konsul ke bidan atau dokter.