Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghitung Siklus Menstruasi Pada Wanita

Umumnya seorang wanita akan mengalami menstruasi secara rutin setiap bulannya atau setiap jangka waktu tertentu. Jangka waktu atau jarak antara 2 menstruasi yang berturutan disebut dengan siklus menstruasi atau siklus haid.

Setiap wanita mempunyai jumlah siklus haid yang berbeda-beda tetapi yang paling umum adalah yang berjumlah 28 hari.

Bagaimana cara menghitung siklus menstruasi pada wanita? Kita akan bahas secara tuntas berikut ini.

PERTAMA, tentukan hari pertama dari haid yang terakhir (HPHT). Caranya sangat mudah. Misalkan haid terbaru Ibu terjadi mulai 30 Januari 2020 - 3 Februari 2020. Maka yang menjadi HPHT adalah tanggal permulaan haid yaitu 30 Januari 2020.

KEDUA, tentukan hari pertama dari menstruasi kedua terakhir, atau dengan kata lain menstruasi yang terjadi sebelum menstruasi 30 Januari 2020. misalkan menstruasi kedua terakhir terjadi pada 2 Januari 2020 - 6 Januari 2020. Maka hari pertama dari haid kedua terakhir ini adalah pada 2 Januari 2020.

KETIGA, hitung jumlah hari di antara hari pertama haid terakhir (30 Januari 2020) dengan hari pertama dari haid kedua terakhir (2 Januari 2020). Hasilnya adalah 28 hari.

Maka dapat disimpulkan bahwa siklus haid ibu yang kita hitung di atas adalah 28 hari.

Agar lebih mudah untuk menghitung siklus menstruasi maka dapat digunakan bantuan kalender. Kita dapat langsung menghitung jumlah hari langsung dengan menunjuk tanggal-tanggal di atas kalender.

12 komentar untuk "Cara Menghitung Siklus Menstruasi Pada Wanita"

  1. Klo haid pas tgl 5 siklus haidnya 32 masa suburnya tgl brp aja dok thanks

    BalasHapus
  2. Silakan download aplikasi android ini untuk menghitung masa subur dengan mudah https://play.google.com/store/apps/details?id=com.mediaplus.kalkulatormasasubur&hl=in

    BalasHapus
  3. Klo ngitungnya pake aplikasi Sudah pasti akurat enggak dok

    BalasHapus
  4. Sudah banyak sih yang berhasil dapat momongan dengan usaha menggunakan aplikasi Kalkulator Masa Subur (https://play.google.com/store/apps/details?id=com.mediaplus.kalkulatormasasubur&hl=in). Silakan lihat langsung komentarnya di play store.

    BalasHapus
  5. Me!ghitung sikulusnya sya ga paham dok..tanggal awal haid 25-01-2020 smapai 28 01-2020
    Gimna cara hitungnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siklus butuh data dua haid, misal haid januari dan februari, baru bisa dihitung

      Hapus
  6. Slamt sore dok, haid sya tidak lancar dok ,bulan november 2019 m nya tnggl 18 bulan desember tdak m, bulan janurari m tnggl 23 tpi kluar drah sdikit dok, cma 2 hri sja sdukit dok, kok bsa ya dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak yg bisa jadi penyebab, mulai dari faktor psikis, makanan, penyakit, hormonal dan sebagainya. Bagusnya sih konsul langsung ke dokter atau bidan.

      Hapus
  7. Hai dok,sy haid nya tidak teratur. Siklus 6 bulan terakhir terpanjang 33 hari terpendek 25 hari. Kira2 kapan masa subur dan ovulasinya ya dok dan klo pake app ini berapa lama siklus yg harus sya isikan 25 atau 33

    BalasHapus
  8. Siklus haid saya juga tidak teratur. Sehingga saya bingung menghitung masa subur. Bulan kemarin malah maju 11 hari. Sebelum2nya kalo g maju 2 hari kadang mundur 2 hari. Saya coba pakek salah satu aplikasi penghitung masa subur tp kadang gak sesuai.

    BalasHapus
  9. Dok saya mau tanya nih saya baru lepas Iis 2hari yg lalu tapi kok saya rasa kan tanda2 hamil tapi saya belum telat hait dok.mksh

    BalasHapus
  10. Dok saya masih kurang paham soal menghitung masa siklus nya dok
    Saya awal haid tgl 8bln,6/20 sampai tgl 14,06/20 dan bln kedua nya tgl 22/07/22 sampai tgl 27/07/20 jadi siklus nya berapa hari dok ?

    BalasHapus

YouTube @PonselPro