Cara Menghitung Siklus Menstruasi Pada Wanita

Umumnya seorang wanita akan mengalami menstruasi secara rutin setiap bulannya atau setiap jangka waktu tertentu. Jangka waktu atau jarak antara 2 menstruasi yang berturutan disebut dengan siklus menstruasi atau siklus haid.

Setiap wanita mempunyai jumlah siklus haid yang berbeda-beda tetapi yang paling umum adalah yang berjumlah 28 hari.

Bagaimana cara menghitung siklus menstruasi pada wanita? Kita akan bahas secara tuntas berikut ini.

PERTAMA, tentukan hari pertama dari haid yang terakhir (HPHT). Caranya sangat mudah. Misalkan haid terbaru Ibu terjadi mulai 30 Januari 2020 - 3 Februari 2020. Maka yang menjadi HPHT adalah tanggal permulaan haid yaitu 30 Januari 2020.

KEDUA, tentukan hari pertama dari menstruasi kedua terakhir, atau dengan kata lain menstruasi yang terjadi sebelum menstruasi 30 Januari 2020. misalkan menstruasi kedua terakhir terjadi pada 2 Januari 2020 - 6 Januari 2020. Maka hari pertama dari haid kedua terakhir ini adalah pada 2 Januari 2020.

KETIGA, hitung jumlah hari di antara hari pertama haid terakhir (30 Januari 2020) dengan hari pertama dari haid kedua terakhir (2 Januari 2020). Hasilnya adalah 28 hari.

Maka dapat disimpulkan bahwa siklus haid ibu yang kita hitung di atas adalah 28 hari.

Agar lebih mudah untuk menghitung siklus menstruasi maka dapat digunakan bantuan kalender. Kita dapat langsung menghitung jumlah hari langsung dengan menunjuk tanggal-tanggal di atas kalender.