Berapa Hari Haid Selesai?

Lama haid setiap wanita itu berbeda-beda. Bahkan untuk satu orang pun biasanya bisa berbeda setiap bulannya.

Berapa hari haid selesai yang dianggap normal?

Lama haid dianggap normal jika berlangsung paling minimal 3 hari dan paling maksimal 7 hari. Tapi perlu diingat bahwa kadang-kadang ada orang yang kali ini haidnya 3 hari tapi bulan depannya malah 7 hari. Namun ada juga wanita yang stabil haidnya berlangsung 4 sampai 5 hari.

Lama haid biasanya dipengaruhi oleh jumlah darah haid yang keluar. Jika banyak maka hanya juga lama dan sebaliknya jika sedikit haid nya cepat.

Beberapa faktor yang dianggap berperan terhadap lama haid adalah faktor berat badan, usia, stress, kondisi gizi, dan sebagainya.

Bagaimana jika haid nya baru selesai setelah 8 hari misalnya?

Kalau cuma terjadi sekali-sekali masih bisa dianggap normal. Tetapi jika berlangsung terus-menerus misalnya haid 10 hari setiap bulan dan terjadi sepanjang tahun maka sebaiknya konsultasi ke dokter. Bisa jadi ada masalah kesehatan di sistem reproduksi wanita tersebut.

Perlu juga diingat bahwa wanita yang sudah melewati usia 40-an menjelang 50-an biasanya haidnya tidak teratur dan kadang-kadang durasinya lebih lama atau bahkan lebih pendek. Kenapa demikian, karena pada usia tersebut wanita sedang memasuki pra menopause. Yaitu masa menjelang menopause atau terhentinya haid sama sekali.

Sebagai kesimpulan, jadi dapat ditegaskan disini bahwa lama haid yang normal adalah 3-7 hari.