CARA MENGGUNAKAN PIL KB UNTUK PERTAMA KALI

Ibu baru saja melahirkan dan ingin ber-KB dengan pil KB. Muncul pertanyaan, bagaimana cara menggunakan pil KB untuk pertama kali? Kapan minumnya dan mulai dari pil yang mana?

Jika ibu menyusui, maka disarankan untuk mengkonsumsi pil kb khusus untuk ibu menyusui yaitu pil KB andalan laktasi.

Kapan waktu pertama kali minum?

Ketika sudah memasuki minggu ke-6 pasca melahirkan. Jika ibu tidak mengalami haid, maka pil KB langsung diminum pada saat ingin memulai ber-KB, mulai dari pil yang pertama, disusul pil selanjutnya. Pil KB diminum terus-menerus setiap hari tanpa ada jeda. Diusahakan pada jam yang sama. Kalaupun jamnya molor, batas toleransinya hanya 4 jam.

Jika ibu yang menyusui sudah mendapatkan haid, maka minum pil KB dianjurkan pada hari pertama sampai kelima haid. Jika diluar masa haid, maka harus menggunakan perlindungan tambahan selama dua hari.

Jika ibu tidak menyusui, dapat menggunakan pil KB kombinasi atau pil KB biasa. Cara minumnya agak berbeda. Pil kb kombinasi paling ideal diminum pada saat haid, yaitu antara hari pertama sampai kelima, bukan sesudah haid. Jika diluar masa haid, pastikan untuk menggunakan cara ber-kb lain misal k0nd0m selama 7 hari pertama.

Demikian artikel cara menggunakan pil kb, semoga bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Ingin mendapat notifikasi di HP jika ada tulisan baru di DokterBagus.Com, silakan tekan link channel telegram kami ini: Channel Dokter Bagus.