Manfaat Vaksin BCG

Ibu yang baru saja mempunyai bayi, pasti oleh petugas kesehatan dianjurkan membawa bayinya ke puskesmas atau posyandu untuk vaksin BCG.

Mungkin ada ibu yang bertanya, vaksin apa ini? Apa manfaatnya.

Vaksin BCG bermanfaat untuk mencegah bayi terjangkit penyakit tuberkulosis. Bahasa sehari-harinya, penyakit TBC.

Penyakit tuberkulosis disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Bakteri ini lebih sakti dibandingkan bakteri kebanyakan. Ia mampu semedi berpuluh-puluh tahun tanpa mati. Ia juga dapat menghindar dari kejaran sistem pertahanan tubuh manusia. Ianya juga dapat mengelabui berbagai macam obat antibiotik. Oleh karena itu, cara terbaik membasmi penyakit ini adalah dengan imunisasi atau vaksinasi BCG.

Penyakit tuberkulosis terutama menyerang paru-paru. Walaupun demikian juga dapat mengenai kulit, usus, otak, tulang, ginjal dan sebagainya.

Di Indonesia vaksin BCG termasuk kedalam kategori vaksin wajib. Vaksin ini diberikan secara gratis di Puskesmas atau rumah sakit. Bayi yang mendapat vaksin adalah yang berumur di bawah 3 bulan. Paling ideal bayi yang berumur 1 bulan.

Vaksin diberikan dengan cara disuntikkan pada kulit lengan. Cukup Satu Kali Saja seumur hidup.

Biasanya beberapa hari setelah penyuntikan, tempat suntikan akan bengkak dan bernanah. Tapi tidak perlu khawatir. Bengkak dan nanah tersebut perlahan-lahan akan hilang. Pada sebagian orang akan membentuk adanya bekas.

Walaupun ada ketidaknyamanan dan ada bekas, itu tidak sebading dengan manfaat perlindungan terhadap penyakit TBC yang didapat dari vaksin.

So, yuk vaksin BCG.

Tidak ada komentar: