Bolehkah Memberi Susu ASI Dibantu Susu Formula

Banyak ibu yang merasa ASI-nya kurang sehingga mempunyai niat untuk mengkombinasikan antara asi dengan susu formula.

Bolehkah memberi susu ASI dibantu susu formula pada kondisi tersebut di atas?

Pada awal kelahiran adalah normal jika produksi ASI ibu tidak langsung banyak. Sebaiknya tetap diusahakan anak menghisap puting susu ibu sehingga produksi ASI semakin banyak akibat dari rangsangan hormonal ibu. Jangan buru-buru memberikan susu formula karena ini akan membiasakan bayi untuk ketergantungan dengan susu formula apalagi dengan menggunakan dot.

Kalangan medis menyarankan untuk hanya memberikan ASI bahkan tanpa air putih sekalipun terhadap bayi yang berusia 0 sampai 6 bulan. Who menyebutnya sebagai ASI eksklusif. Ibu jangan khawatir karena sudah banyak sekali ibu-ibu lain yang memberikan ASI eksklusif kepada bayinya dan sampai saat ini bayinya baik-baik saja bahkan banyak yang sudah beranjak dewasa.

Setelah 6 bulan maka pemberian ASI eksklusif tidak lagi cukup tapi harus dibantu oleh makanan pendamping ASI termasuk susu formula.

Tapi perlu diingat bahwa pemberian susu formula tidak dicampur dengan ASI dalam satu botol karena hal ini akan menyebabkan rusaknya komposisi air susu ibu. Pemberian susu ASI dibantu susu formula caranya dengan memberikan secara bergantian dengan selang waktu tertentu.

Walaupun ASI eksklusif sangat dianjurkan tapi ada beberapa kondisi ibu yang menghambatnya untuk menyusui secara penuh kepada bayinya. Misalnya ibu sedang sakit atau sedang berjauhan. Maka dalam kondisi ini boleh saja diberi susu formula. tapi harus diperhatikan susu formulanya adalah susu formula khusus untuk anak 0-6 bulan. Jangan menggunakan susu formula untuk anak yang lebih tua atau susu kental manis. Karena kandungan susu susu tersebut tidak sesuai dengan kondisi pencernaan dan tubuh bayi.

Tapi sangat disarankan agar ibu berkonsultasi dengan dokter ahli gizi atau praktisi gizi lainnya mengenai penggunaan susu formula untuk anak ibu yang usia 0-6 bulan. Hal ini untuk mencegah anak ibu kekurangan gizi atau sebaliknya kelebihan gizi akibat susu formula yang berlebihan. Kondisi gizi bayi dapat dilihat dari timbangannya setiap bulan oleh karena itu ibu sebaiknya rajin ke posyandu. Kadang-kadang bayi terlihat aktif ternyata dia menderita gizi kurang.

Tidak ada komentar: