Begini Cara Kerja Strip Uji Kehamilan

Saat ini, untuk mengetahui seorang ibu sedang hamil atau tidak sangat mudah. Dan murah.

Tinggal pergi ke toko obat, lalu beli strip uji kehamilan yang harganya tak sampai 5 ribu, maka status kehamilan sudah bisa ditentukan.

Mungkin di antara kita ada yang bertanya, bagaimana cara kerja strip uji kehamilan tersebut?

Strip uji kehamilan mendeteksi hormon kehamilan di dalam air kencing. Nama hormon tersebut yaitu hCG atau human chorionic gondatropin.

Hormon hCG diproduksi oleh plasenta yang sedang berkembang, kemudian beredar ke seluruh tubuh bersama darah. Sebagiannya dikeluarkan oleh ginjal bersama air kencing.

Saat strip uji kehamilan dicelupkan, air kencing akan mengalir ke atas dan melewati dua garis deteksi. Garis deteksi paling atas berfungsi sebagai kontrol. Maksudnya, jika garis ini berwarna merah muda berarti alat uji dalam kondisi baik.

Sedangkan garis deteksi di bawahnya berfungsi sebagai penentu kehamilan. Jika ada hormon hCG melewati garis tersebut, maka warnanya akan berubah menjadi merah muda. Jika tak ada hCG, garis ini tetap putih alias tidak berubah warna.

Singkatnya, jika ada dua garis muncul maka ibu sedang hamil. Jika satu saja, kemungkinan tidak hamil. Atau bisa saja hamil tapi kadar hCG masih sangat rendah. Jika demikian, ulangi tes seminggu kemudian.

Tidak ada komentar: