Kepanjangan DHF

Banyak yang menanyakan apakah kepanjangan dari singkatan DHF?

Kepanjangan DHF adalah dengue hemorrhagic fever. Dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai demam berdarah dengue atau disingkat DBD.

DHF adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus dengue. Virus ini ditularkan dari manusia yang sakit yang sedang menderita penyakit dengue ke manusia sehat melalui perantaraan gigitan nyamuk aedes. Ada 2 spesies nyamuk aedes yang paling berperan dalam penularan penyakit dengue, yaitu aedes aegypti dan Aedes albopictus. Diantara kedua ayat tersebut yang paling dominan menjadi penular adalah aides aegypti.

Nyamuk aedes aegypti berbeda dengan nyamuk lainnya. Nyamuk ini hanya suka bertelur dan berkembang biak di air bersih seperti bak penampungan air mandi, tong air minum, atau air pembuangan dispenser. Nyamuk ini tidak suka bertelur di genangan air yang ada di lubang tanah misalnya di got atau sumur.

Ciri utama DHF adalah adanya perdarahan berupa bintik-bintik merah di kulit, atau mimisan, atau muntah atau berak darah. Ciri-ciri terakhir ini menandakan bahwa penyakit DHF sudah sangat parah. Jika tidak segera diobati dapat membahayakan jiwa penderitanya.

Demikian artikel kepanjangan DHF, semoga bermanfaat.