Cara penularan DBD dari manusia ke manusia

DBD atau demam berdarah adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue. Virus ini lah yang akan berkembang biak di dalam tubuh penderita dan merusak sel selnya.

Virus ini ditularkan melalui perantara nyamuk aedes.

Adapun cara penularan DBD dari manusia ke manusia kira-kira seperti berikut ini penjelasannya.

Pada awalnya ada seorang penderita yang di dalam darahnya mengandung virus DBD. Penderita tersebut kemudian digigit oleh nyamuk aedes. Otomatis virus yang ada di dalam darah penderita akan masuk kedalam nyamuk aedes. Di dalam tubuh nyamuk aedes virus dengue berkembang biak menjadi lebih banyak. Karena nyamuk aedes mempunyai kebiasaan menggigit beberapa orang maka nyamuk tersebut akan menggigit orang lain yang sehat. Orang sehat tersebut kemudian akan menerima virus DBD dari nyamuk melalui air liur nyamuk ketika nyamuk menghisap darahnya. Virus dengue di tubuh orang sehat tersebut kemudian akan berkembang biak menjadi lebih banyak. Pada titik tertentu orang sehat tersebut akan menjadi sakit DBD.

orang sehat yang sakit tadi kemudian akan menjadi sumber penularan bagi orang lain di sekitarnya jika dia digigit oleh nyamuk Aedes aegypti atau Aedes albopictus lainnya.

itulah sekilas gambaran bagaimana penularan penyakit DBD dari manusia ke manusia melalui perantaraan gigitan nyamuk aedes.