Suka ngiler, ini cara mengatasinya

Semua sepakat bahwa ngiler itu kebiasaan buruk. Selain meninggalkan jejak di pipi juga meninggalkan pulau-pulau dan bau pada bantal atau tempat tidur.

Tapis sebenarnya tidak ada orang yang ikhlas secara sukarela mau ngiler. Mereka ngiler secara tidak sadar pada saat tidur. Walaupun demikian bukan berarti saat kita ngiler kita berpasrah diri bahwa itu adalah sesuatu yang tidak bisa kita kendalikan.

Beberapa hal dapat dilakukan untuk mengurangi kemungkinan mengalirnya iler dari sudut bibir saat tidur.

Pertama perhatikan posisi tidur, usahakan jangan mengambil posisi tidur yang membuat kita kesulitan bernapas. Kondisi kesulitan bernafas dapat memicu produksi air liur yang berlebihan yang keluar sebagai iler. Cobalah ambil posisi miring ke kanan.

Kedua sikatlah gigi sehingga pada saat tidur mulut dalam keadaan bersih. Adanya sisa makanan dan proses pembusukan oleh bakteri di dalam mulut dapat memicu produksi air liur yang berlebihan sehingga juga keluar iler.

Ketiga minumlah cukup air menjelang tidur tapi jangan juga berlebihan. Menurut literatur ilmiah dari terasi pada malam hari dapat memicu produksi iler.

Kondisi penyakit berupa sleep apnea yaitu kesulitan Bernafas tiba-tiba saat sedang tidur juga dapat memicu orang ileran. Sayangnya kondisi ini tidak bisa diatasi sendiri harus dikonsultasikan dengan dokter.

Semoga langkah-langkah diatas terutama langkah 1 2 dan 3 dapat mengurangi kebiasaan buruk iler pada saat tidur.