MEMAHAMI PENYAKIT HIV/AIDS

Human immunodeficiency virus atau disingkat HIV adalah virus yang menyebabkan penyakit AIDS. Virus HIV bekerja dengan cara merusak sistem pertahanan tubuh sehingga pertahanan tubuh menjadi lemah. Dengan demikian penyakit menjadi gampang masuk dan tubuh tidak mampu melawannya.

Virus HIV ditularkan dari orang ke orang melalui hubungan seksual dan Melalui penggunaan jarum suntik secara bergantian. Hubungan seksual yang sangat mudah menjadi sarana penularan adalah hubungan lewat belakang.

Gejala HIV terbagi menjadi tiga tingkatan yaitu gejala akut, gejala kronik, dan gejala AIDS.

Gejala akut AIDS biasanya terjadi 2 sampai 6 minggu pasca tertular pertama kali. Gejalanya mirip mirip ketika kita terserang flu yaitu sakit kepala, badan pegal-pegal dan lemas. Gejala ini muncul akibat tubuh sedang berperang melawan virus HIV.

Setelah gejala akut maka muncul gejala kronik HIV. Pada fase ini penderita tidak merasakan gejala apa-apa. Bahkan sebagian besar penderita tidak sadar bahwa dia sedang menderita HIV. Gejala kronik ini biasanya berlangsung bertahun-tahun bahkan sampai 10 tahun.

Gejala AIDS merupakan gejala ter akhir dari rangkaian perjalanan penyakit HIV. Gejala IC ditandai dengan munculnya kanker kulit dan penyakit paru-paru. Tak hanya itu muncul berbagai macam gejala yang sulit dijelaskan penyebabnya misalnya diare yang berkepanjangan tak sembuh-sembuh walaupun sudah diobati.
Gejala AIDS jika tidak segera diatasi dengan obat obat antiretroviral biasanya akan berakibat fatal bagi jiwa penderitanya.