Jumlah odha di Indonesia

Tidak pernah diketahui berapa jumlah pasti orang yang terinfeksi HIV, baik di dunia maupun di Indonesia. Karena alamiahnya memang infeksi HIV tidak akan menunjukkan tanda dan gejala setelah beberapa tahun terinfeksi. Uraian di bawah ini akan sedikit banyak menyingkap berapa sebenarnya angka pasti kasus HIV di Indonesia saat ini. Anda bisa menggunakan metodologi sederhana ini di daerah Anda masing-masing.

Dalam epidemi HIV dikenal dengan istilah fenomena gunung es. Fenomena ini bisa digambarkan sebagai sebuah fenomena tersembunyi dari suatu fakta yang muncul di permukaan. Biasanya jumlah fakta yang muncul tidak sebanding dengan fenomena yang tersembunyi. Misalnya jika di suatu daerah X ditemukan terdapat 10 kasus HIV, maka kemungkinan terdapat sekitar 100-1000 kasus HIV yang belum terdiagnosa di daerah tersebut. Nah untuk mengetahui berapa sebenarnya denominator faktor pengali yang bisa memastikan berapa sebenarnya angka pasti kasus di sebuah wilayah, saya belum pernah mengetahui ada literatur yang menyebutkan metodologinya. Diskusi-diskusi dengan ahli-ahli kesehatan masyarakat pun tidak ada yang secara pasti menyatakan berapa nilai denominatornya.

Jumlah ODHA

Kita coba flashback beberapa tahun yang lalu. Pada tahun 2005 tercatat sebanyak 5.320 kasus AIDS yang dilaporkan ke Kementerian Kesehatan. Saya coba membahas berdasarkan kasus AIDS nya saja sebab AIDS berhubungan dengan kejadian penyakit, sedangkan HIV tidak berhubungan dengan kejadian dan admision seseorang ke rumah sakit. Artinya seseorang yang terinfeksi HIV belum tentu bergejala. Justru dengan memahami fenomena gunung es ini secara langsung, bisa memahami berapa sebenarnya sebaran atau besaran populasi tersembunyi yang masuk di bawah fenomena gunung es. Tahun 2005 sampai sekarang, angka denominator yang sering kali diucapkan oleh ahli-ahli kesehatan masyarakat di Indonesia adalah antara 10 atau 100. Kalikan saja kasus yang sekarang dengan 10 atau 100 (bahkan ada yang mengkalikan dengan 1000) untuk mengetahui berapa sebenarnya kasus yang tersembunyi di masyarakat. Masih valid kah angka denominator ini?

Jumlah ODHA di Indonesia

Kita mengetahui bahwa perjalanan penyakit orang yang terinfeksi HIV akan berlangsung selama 5-10 tahun sampai akhirnya menimbulkan gejala. Artinya dalam 5 tahun ketika seseorang terinfeksi HIV, maka baru akan menunjukkan gejala setelah 5 tahun kemudian. Biasanya setelah ada gejala orang yang terinfeksi HIV akan datang ke rumah sakit. Ketika ternyata gejalanya terkait dengan AIDS maka biasanya kemudian ditawarkan atau disarankan untuk voluntary counseling and testing (VCT ) dan akhirnya baru diketahui status HIV nya setelah sampai rumah sakit. Kasus AIDS tahun 2010 merefleksikan kejadian infeksi HIV pada tahun 2005. Sedangkan angka kasus AIDS pada tahun 2010 sebanyak 22.726 kasus. Seharusnya denominator nya menjadi 22.726 dibagi 5.320, yaitu 4,27. Terlalu tinggi rasanya jika menggunakan angka denominator 10, 100 atau bahkan 1000.

Jika tahun 2011 sekarang tercatat 26.000 kasus AIDS maka bisa diperkirakan jumlah kasus HIV saat ini adalah sekitar 111.000. Artinya ada sekitar 85.000 orang yang telah terinfeksi HIV namun belum diketahui statusnya sampai saat ini. Dan orang-orang dalam kelompok ini tetap berpotensi menularkan walaupun tidak mengetahui statusnya.

Apakah Anda termasuk ke dalam 85.000 orang ini?

JUMLAH ODHA DI INDONESIA DARI TAHUN KE TAHUN