CIRI-CIRI VIRUS ROTAVIRUS

Saat mulai memfasilitasi pelatihan pagi ini, ada pertanyaan dari peserta pelatihan. Mengapa HIV dimasukkan ke dalam golongan retrovirus? Apa sebenarnya retrovirus itu ? Berikut sedikit penjelasan mengenai retrovirus.

Ciri-Ciri Virus Rotavirus

Retrovirus adalah sekumpulan virus RNA yang memerlukan sel-sel tuan rumah untuk menduplikasikan dirinya dengan bantuan enzym reverse transcriptase . Susah yaaa? Bahasa gampangnya gini deh. Virus-Virus RNA ini tidak mampu berkembang biak sendiri. Umumnya virus yang struktur nya DNA mampu menduplikasi dirinya sendiri. Nah virus RNA perlu media untuk berkembang biak. Kebetulan media yang digunakan untuk berkembang biak ini memiliki enzym reverse transcriptase, dan si virus RNA ini memanfaatkan enzym tersebut untuk berkembang biak. Sehingga virus-virus golongan retrovirus jika akan memperbanyak dirinya memerlukan host (atau biasa disebut inang) dan di dalam host tersebut harus ada enzym reverse transcriptase.

Setelah kode genetik nya diterjemahkan oleh enzym reverse transcriptase, kemudian kode tersebut diintegrasikan ke dalam DNA sel inang nya dengan bantuan enzym integrase. Nah dari sinilah kemudian virus akan mulai melakukan replikasi atau mulai memperbanyak dirinya dengan mengkopi dari DNA sel inang nya. Jahat juga ya,… Tapi ada yang lebih jahat lagi. Ada golongan Endogenous Retrovirus yang akan masuk ke dalam kode genetik DNA sel inang dan tetap berada di sana untuk merusak DNA nya sepanjang keturunan.

Ciri-Ciri Materi Genetik Virus Rotavirus

Umumnya virus yang berbentuk DNA akan merubah materi genetiknya menjadi RNA. Namun golongan retrovirus ini justru sebaliknya. Pada RNA virus, kode genetik yang terdapat di RNA akan di reverse-transcribed (retro) menjadi DNA dan kemudian diterjemahkan ke dalam kode genetik host untuk menjadi provirus. Provirus ini akan tetap menjadi provirus selama belum dikeluarkan oleh sel inang. Pada infeksi HIV satu virus HIV RNA membutuhkan sel-sel yang mempunyai penanda CD4 untuk dapat memperbanyak dirinya. Provirus yang dihasilkan oleh satu virus RNA setelah mengalami proses berkembang biak di sel host bisa ratusan sampai ribuan. Setelah provirus dikeluarkan, sel inang nya akan hancur dan keluarlah ribuan virus-virus baru yang kembali akan berkembang biak dengan mencari sel inang lainnya. Lambat laun jumlah virus nya semakin banyak, namun jumlah sel-sel yang mempunyai penanda CD4 ini akan semakin sedikit. Padahal sel-sel dengan penanda CD4 kebanyakan adalah sel-sel darah putih yang berfungsi untuk kekebalan tubuh.

pengobatan rotavirus
ciri ciri virus rotavirus
penyakit rotavirus
cara penyembuhan rotavirus
rotavirus pdf
karakteristik rotavirus
cara pencegahan rotavirus
cara penularan rotavirus